12 Film Bollywood Terbaik Shah Rukh Khan dari 2010 hingga 2018, yang Mampu Meroketkan Inisial SRK

12 Film Bollywood Terbaik Shah Rukh Khan dari 2010 hingga 2018
12 Film Bollywood Terbaik Shah Rukh Khan dari 2010 hingga 2018 (Foto : Ilustrasi - dmtalkies.com)

Antv – Film Jawan dari superstar Bollywood Shah Rukh Khan tetap tak terbendung di box office, melampaui rekor demi rekor bahkan setelah melewati angka Rs 1000 crore secara global.

Seperti dikonfirmasi Sacnilk.com, film arahan sutradara Atlee ini kini telah melewati angka Rs 1055 crore (setara Rp2,17 triliun).

Diketahui, raihan angka Rs 1055 crore (setara Rp2,17 triliun) adalah koleksi seumur hidup dari film laris Shah Rukh Khan lainnya dari tahun ini, Pathaan.

Hal ini menjadikan Jawan sebagai film India dengan pendapatan kotor tertinggi di seluruh dunia pada tahun 2023.

Film Jawan membutuhkan waktu 23 hari untuk mengalahkan koleksi pendapatan kotor Pathaan di seluruh dunia yang mencapai ₹1055 crore (setara Rp2,17 triliun).

Film ini telah mengumpulkan sekitar ₹705 crore (kotor) (setara Rp1,45 triliun), di India dan 350 crore (setara Rp721 miliar), di luar negeri.

Film Jawan sekarang menjadi film India terlaris kelima dan film Hindi tertinggi kedua di seluruh dunia. Film ini berada di belakang Dangal, yang berada di posisi pertama dengan pendapatan kotor sebesar ₹1968.03 crore (setara Rp4,054 triliun), di box office seluruh dunia.

Di box office domestik, Jawan merupakan film Hindi terlaris tahun ini dengan koleksi 23 hari sebesar ₹ 587 crore (setera Rp1,21 triliun).

Perolehan koleksi box office spektakuler itu diraih Shah Rukh Khan bukan dengan cara yang mudah. Setidaknya, sebagian penggemar SRK mengetahui, bahwa sang idola sempat vakum karena film terbarunya Zero saat itu, jeblok di box office.

Untuk lebih jelasnya bagaimana perjuangan seorang SRK bisa meraih sukses dan menjadi seorang superstar yang kharismatik, berikut adalah 12 film Bollywood terbaik yang dibintangi Shah Ruk Khan dari tahun 2010 hingga 2018, yang mengokohkan inisial SRK:

1. My Name Is Khan (2010)

Film ini menampilkan salah satu penampilan terbaik Shah Rukh Khan dan salah satu penampilan terbaik Kajol.

Film ini juga mungkin merupakan salah satu film Karan Johar yang paling matang. Fakta bahwa, meskipun merupakan sebuah film yang berlatar belakang pasca 9/11 Amerika, film ini tetap relevan karena diskriminasi yang merajalela yang dialami oleh orang-orang dari komunitas Muslim sangatlah menakutkan dan mengesankan.

Semua lagu dalam film ini adalah lagu-lagu klasik. Citra yang ditampilkan tidak diragukan lagi sangat berkesan.

2. Ra One (2011)

Dilihat dari VFX dan CGI, film Ra One mendapat banyak pujian karena lebih maju dari zamannya dan memiliki efek visual yang dapat menyaingi film-film Bollywood modern.

Selain itu, musiknya juga sangat mengena dan melekat di hati penonton, sehingga sulit untuk tidak melakukan langkah setiap kali seseorang memainkan "Chammak Challo."

3. Don 2 (2011)

Bollywood memiliki sejarah panjang dalam melakukan remake dan reboot sambil mengklaim bahwa mereka membuat sekuel.

Saat melihat Don 2 yang juga adalah sekuel dari Don yang sebenarnya, sehingga banyak penggemar yang menonton ulang film ini.

Sampai hari ini, film Don 2 adalah salah satu sekuel terbaik sepanjang masa. Ini adalah binatang yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan pendahulunya.

Film ini ramping dan bergaya seperti pendahulunya. Tapi ini adalah film pencurian, dan film yang bagus.

4. Jab Tak Hai Jaan (2012)

Film dibuka dengan aksi Samar Anand, mayor tentara India yang menjinakkan bom dengan penuh keberanian.

Di sisi lain, ada wanita bernama Akira Rai yang sedang menyelam namun terseret arus.

Wanita yang berprofesi sebagai pembuat film dokumenter ini diselamatkan oleh Samar.

Tanpa disadari, Samar meninggalkan buku harian di kantung jaketnya. Akira mulai membacanya.

5. Chennai Express (2013)

Film ini berkisah tentang seorang pria jomblo bernama Rahul Mithaiwala ( Shahrukh Khan) yang hidup bersama kakek dan neneknya di Mumbai.

Kedua orang tuanya telah meninggal akibat kecelakaan saat ia berusia 8 tahun. Kakeknya (Lekh Tandon) sangat cerewet jika sudah menyangkut Rahul yang jomblo.

Padahal Rahul merasa ia tak pernah punya pacar gara-gara si kakek yang selalu menjodohkannya dengan banyak wanita, tapi tak ada yang menarik.

Rahul sampai terpikir kapan kakeknya ini meninggal agar ia bisa segera punya pacar. Pada suatu malam, keinginan Rahul ini terwujud.

Tepat saat menonton pertandingan olahraga di televisi, saking girangnya berteriak saat timnya menang, si kakek langsung meninggal saat itu juga.

6. Happy New Year (2014)

Film ini berkisah tentang balas dendam yang dilakukan oleh 6 orang sahabat, yakni Charlie ( Shahrukh Khan), Mohini ( Deepika Padukone), Nandu ( Abhishek Bachchan), Jag (Sonu Sood), Tammy (Boman Irani), dan Rohan (Vivaan Shah). Mereka sepakat untuk membalas dendam pada pria yang bernama Charan ( Jackie Shroff).

Rupanya Charan adalah musuh lama Charlie yang dulunya telah membuat sang ayah dijatuhi status sebagai orang yang bersalah. Charlie pun memutuskan untuk menyusul Charan pergi ke sebuah kompetisi tari internasional.

Dengan sedikit kecurangan akhirnya tim tari mereka berenam berhasil ikut menyusul tim Charan ke Dubai. Sebenarnya mereka memang tak bisa menari, kecuali Mohini seorang yang benar-benar bisa menari dengan sesungguhnya.

7. Dilwale (2015)

Ini adalah salah satu film terburuk sepanjang masa dan merupakan sebuah pemborosan total dari seorang Shah Rukh Khan yang terlihat seksi dan kesempatan untuk memberikan dunia sebuah romansa klasik Shah Rukh Khan dan Kajol. Dan satu-satunya Rohit Shetty harus disalahkan atas kekejaman ini.

8. Fan (2016)

Peran ganda sulit untuk dilakukan, dan terkadang tindakan untuk melakukan peran ganda terasa begitu membingungkan sehingga orang-orang buru-buru memuji mereka tanpa benar-benar memikirkannya.

Dan mungkin itulah mengapa mereka tidak sepenuhnya memuji giliran Shah Rukh Khan sebagai Aryan Khanna dan Gaurav karena mereka pikir itu hanyalah sebuah aksi peran ganda.

Gaurav (Shah Rukh Khan) merupakan penggemar berat dari seorang aktor Bollywood bernama Aryan Khanna (juga diperankan oleh Shah Rukh Khan).

Siapa sangka, wajah mereka berdua terlihat sangat mirip. Layaknya seorang penggemar, Gaurav memiliki pernak pernik tentang sang idola.

Suatu ketika, ada sebuah lomba yang hadiahnya bisa bertemu dengan Aryan, dan Gustav langsung mengikuti lomba tersebut.

Dia menirukan beberapa adegan Aryan yang ada di dalam film. Gaurav diumumkan sebagai pemenang dan mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Aryan.

Gaurav meninggalkan kampungnya dan langsung menuju Delhi. Sebelum bertemu, Gaurav menginap di sebuah hotel untuk merayakan ulang tahun sang idola.

Di sebuah kesempatan, Gaurav berusaha bertemu dengan Aryan di kerumunan banyak orang.

9. Dear Zindagi (2016)

Film Dear Zindagi berkisah tentang kehiduapan dan cinta seorang wanita muda yang merupakan sutradara sukses, bahkan karyanya tidak dapat diragukan lagi.

Memiliki karir yang sukses tak lantas membuat kisah percintaannya mudah, ia sering meengalami kegagalan dalam bercinta lantaran tak menemukan kenyamanan.

Kaira yang diperankan oleh Alia Bhatt merupakan seorang yang bekerja dibidang industri film yang sukses, ia bahkan mendapatkan banyak tawaran pekerjaan dari berbagai pihak produksi internasional.

Film Dear Zindagi dibuka dengan adegan syuting iklan di Singapura yang melibatkan Kaira sebagai sinematografer.

D isisi lain kita diperlihatkan sosok pria bernama Raghuvendra yang merupakan seorang produser film.

Tidak dapat dipungkiri antara Kaira dan Raghuvendra memiliki kedekatan yang special, namun hal tersebut tak lantas membuat keduanya bersatu dikarenakaan Kaira yang telah memiliki kekasih yang bernama Sid.

10. Raees (2017)

Raees merupakan pemuda pintar sekaligus tegas yang terlibat dalam bisnis miras ilegal sejak usia muda.

Ia tumbuh dengan didikan ibunya yang mengajarkan bahwa tidak ada pekerjaan yang hina.

Bersama rekannya, Sadiq, ia kerja untuk bos preman, Jairaj. Melihat kinerja Raees, Jairaj begitu mengaguminya dan menjadikan Raees sebagai tangan kanannya.

Seiring berlalunya waktu, Raees memilih mundur dari pekerjaannya dan merintis usaha miras ilegal sendiri. Ia dibantu oleh salah satu mafia berpengaruh, Musabhai.

Keahliannya melobi membuat ia dapat dukungan dari tokoh penting, termasuk Ketua Menteri dan pimpinan partai oposisi, Pashabhai.

Masalah dimulai ketika seorang polisi jujur yang dihormati, Majmudar ditugaskan di wilayah Raees.

Persoalan makin bertambah usai Jairaj berusaha menyabotase bisnis Raees, membuat Raees akhirnya membunuh mantan bosnya.

Di sisi lain, Raees menikahi tetangganya, Aasiya dan dikaruniai putra.

11. Jab Harry Met Sejal (2017)

Film ini bercerita tentang Harinder "Harry" Singh Nehra (Shah Rukh Khan) yang merupakan seorang pemandu wisata, saat ini bekerja di Amsterdam.

Setelah menyelesaikan tugas dengan mengantarkan sebuah keluarga sampai ke bandara, Harry berjumpa dengan Sejal Zaveri (Anushka Sharma), salah satu anggota keluarga yang baru saja diantarnya, Sejal mengaku telah kehilangan cincin pertunangannya dan dia ingin Harry membantunya mencarinya.

Sepanjang mencarinya, Harry telah jatuh cinta kepada Sejal, tetapi tidak berani mengungkapkan perasaanya kepada Sejal, karena dia tahu bahwa Sejal telah bertunangan dengan pria bernama Rupen (Kavi Shastri).

Kemudian suatu hari Harry terluka, dan Sejal mencari obat di dalam tasnya untuk mengobati luka Harry.

Dengan terkejut Sejal baru menyadari bahwa cincin yang selama ini ia cari ternyata ada di dalam tasnya.

Namun Sejal tidak memberitahu kepada Harry kebenarannya, karena dia ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama Harry dan tanpa sadar dia sebenarnya telah jatuh cinta juga kepada Harry.

12. Zero (2018)

Film Zero mengisahkan seorang pria kaya raya bernama Bauua Singh (Shah Rukh Khan), yang memiliki tubuh yang kerdil.

Bauua sangat mengidolakan aktris cantik bernama Babita Kumari (Katrina Kaif). Karena keterbatasan fisiknya itu, ia putus asa dalam mencari pasangan. Akhirnya ia menggunakan jasa biro jodoh.

Setelah mengatur pertemuan, akhirnya Bauua bertemu dengan Aafia Bhinder (Anushka Sharma).

Bauua baru mengetahui bahwa Aafia juga memiliki keterbatasan fisik, ia menderita Celebral Palsy yang mengharuskan Aafia berada di kursi roda.