6 Aktor Bollywood Populer Punya Darah Pakistan, Ada Shah Rukh Khan

Shah Rukh Khan
Shah Rukh Khan (Foto : Bollywood Hungama)

AntvBollywood merupakan industri besar dan aktor Pakistan banyak yang bercita-cita bisa bekerja di film India, dan tentu saja hal itu terjadi pada sederet aktor hingga meraih kesuksesan gemilang.

Sementara, ternyata ada sejumlah aktor Bollywood populer yang juga punya darah Pakistan. Kini, mereka pun menjadi sosok bintang di dunia hiburan Bollywood. 

Tentu hal tersebut tak lepas dari kerja keras yang luar biasa, sehingga mereka bisa berkarya hingga memposisikan namanya sebagai bintang. 

Siapa saja mereka? Untuk mengetahuinya, mari simak ulasannya di bawah ini yang telah dikutip dari berbagai sumber. 

Aktor Bollywood Populer Punya Darah Pakistan

1. Amitabh Bachchan

img_title
Amitabh Bachchan. (Foto: Instagram)

Amitabh Bachchan adalah seorang aktor film, produser film, penyanyi, dan tokoh televisi terkenal asal India. Tetapi ada fakta menarik tentang sosok bintang Bollywood satu ini, diketahui ia berasal dari Pakistan. 

Ibunya, Teji Bachchan lahir di Faisalabad, Punjab pada tahun 1914, kemudian dia melahirkan Amitabh di Allahabad.

Kni, nama Amitabh Bachchan sangat populer di Bollywood berkat kemampuan dan prestasinya yang luar biasa di dunia peran. 

Amitabh Bachchan juga dikenal sebagai salah satu aktor paling ikonik dalam sejarah perfilman India dan memiliki pengaruh besar dalam industri hiburan.

Ia terus berakting dan menjadi salah satu figur terkemuka dalam dunia hiburan India.

2. Hrithik Roshan

img_title
Hrithik Roshan. (Foto: IMDb)

Aktor Bollywood Hrithik Roshan memang memiliki wajah tampan dan rupawan selain kemampuan serta prestasinya yang apik. 

Roshan adalah putra dari Rakesh Roshan, seorang produser dan sutradara terkenal di Bollywood.

Ia kemudian menikah dengan Sussanne Khan pada tahun 2000, tetapi pasangan tersebut berpisah pada tahun 2014. 

Mereka lantas dikaruniai dua anak yang diberi nama Hrehaan dan Hridhaan. Hrithik juga dikenal karena kepribadiannya yang rendah hati dan dukungannya terhadap berbagai penyebab sosial.

Tetapi, mungkin tak banyak yang tahu jika aktor satu ini punya ikatan leluhur dengan Pakistan.

Kakek dari pihak ayah, seorang direktur musik terkenal, berasal dari Gujranwala, Punjab sedangkan kakek dari pihak ibu, J Om Prakash, lahir di Sialkot, Punjab.

3. Sanjay Dutt

img_title
Sanjay Dutt. (Foto: Bollywood Life)

Sanjay Dutt menjadi aktor selanjutnya yang ternyata punya hubungan darah dengan Pakistan. Hal itu karena kedua orang tua Dutt berasal dari Pakistan. 

Ayahnya, Sunit Dutt lahir di Jhelum, Punjab, dan ibunya Nargis Dutt yang legendaris (lahir Fatima Rashid), adalah seorang aktris kelahiran Pakistan yang berasal dari Rawalpindi, Punjab.

Kini, Dutt menjadi aktor yang memeberikan pengaruh luar biasa di industri film Bollywood, yang juga telah membintangi banyak judul film. 

Sanjay Dutt memulai karier aktingnya di dunia Bollywood pada tahun 1981 dengan film Rocky. Dia telah berakting dalam berbagai genre film selama kariernya, termasuk drama, aksi, komedi, dan film-film lainnya. 

Beberapa film terkenalnya termasuk Munna Bhai M.B.B.S, Khalnayak, Vaastav: The Reality, Agneepath, dan banyak lagi.

4. Shah Rukh Khan 

img_title
Shah Rukh Khan menangkan Asian Awards. (Foto: Mid-Day)

Shah Rukh Khan dikenal juga sebagai "King Khan" atau "Badshah of Bollywood," merupakan seorang aktor dan produser film terkenal di industri film India.

SRK memulai karier aktingnya di teater dan televisi sebelum debut film. Debutnya dalam film terjadi dengan film Deewana tahun 1992. Ia segera menjadi salah satu aktor paling dicari di industri film India dan mendapatkan popularitas besar. 

Selama karier panjangnya, ia telah membintangi lebih dari 80 film dalam berbagai genre, termasuk film-film terkenal seperti Dilwale Dulhania Le Jayenge, Kuch Kuch Hota Hai, My Name is Khan, dan banyak lagi.

Sementara, ada fakta lain tentang SRK yang mungkin tak banyak yang tahu, ternyata bintang Bolllywood satu ini punya hubungan darah dengan Pakistan. 

SRK diketahui lahir di New Delhi, tetapi ayahnya, Meer Taj Muhammed Khan, berasal dari Peshawar, sebuah kota yang berada di Pakistan. 

5. Keluarga Kapoor

img_title
Ranbir Kapoor. (Foto: Mensxp)

Seluruh keluarga Kapoor, termasuk Ranbir Kapoor, Kareena, dan Rishi, memiliki darah Pakistan. Pritviraj Kapoor, Kapoor pertama yang memasuki industri film, lahir di Lyallpur, Punjab 1906. 

Ia kemudian pindah ke Peshawar untuk pendidikan tingginya, di mana putranya Raj Kapoor, ayah dari Rishi Kapoor.

6. Dilip Kumar

img_title
Dilip Kumar. (Foto: English Jagran)

Dilip Kumar adalah seorang legenda dalam industri film India. Ia merupakan seorang aktor terkenal yang telah berakting dalam berbagai film India selama beberapa dekade. 

Kumar memulai karier aktingnya pada tahun 1944 dengan film Jwar Bhata.

Selama kariernya yang luar biasa, ia tampil dalam lebih dari 60 film, termasuk beberapa yang dianggap sebagai klasik dalam sinema India seperti Mughal-e-Azam, Devdas, Naya Daur, dan Ganga Jamuna. 

Ia dikenal karena memiliki kemampuan aktingnya yang luar biasa dan beragam dalam peran-peran yang berbeda.

Aktor Bollywood Dilip Kumar ini punya nama asli Muhammad Yousuf Khan yang ternyata dari Pakistan.

Legenda “Mughal-e-Azam” lahir di Peshawar pada bulan Desember 1922. Nama panggungnya, Dilip Kumar, diberikan kepadanya oleh penulis Bhagwati Charan Verma.

Sementara, aktor ini telah mendapatkan banyak penghargaan dan pengakuan sepanjang kariernya.

Ia juga penerima dari Padma Bhushan, Penghargaan Dadasaheb Phalke, dan Padma Vibhushan, yang merupakan beberapa penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah India dalam bidang seni dan sastra. 

Selain itu, dia juga mendapatkan beberapa Penghargaan Filmfare untuk Aktor Terbaik dalam berbagai film.

Demikian enam aktor Bollywood populer yang ternyata punya darah Pakistan. Kini, mereka berkarier sangat apik di industri Bollywood dengan ciri khasnya masing-masing.