7 Adegan Film 'Jawan' Shah Rukh Khan yang Dihapus CBFC untuk Mendapatkan Sertifikat Lolos Sensor

7 Adegan Film 'Jawan' Shah Rukh Khan yang Dihapus CBFC
7 Adegan Film 'Jawan' Shah Rukh Khan yang Dihapus CBFC (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Saat ini, meskipun film 'Gadar 2' sukses besar di bioskop, dunia film Bollywood tengah menantikan film lain yang sangat dinantikan, yaitu 'Jawan', yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan.

Film terakhir SRK adalah 'Pathaan' yang dirilis pada Januari 2023 dan menjadi film paling sukses di Bollywood. Karena itu, antusiasme untuk film 'Jawan' juga sangat tinggi dan diperkirakan akan memecahkan rekor juga.

Berita baiknya, proses sensor untuk film 'Jawan' berjalan lancar meski Dewan Pusat Sertifikasi Film (CBFC) atau Lembaga Sensor Film India harus memotongan 7 adegan.
Berdasarkan laporan dari Bollywoodhungama, film Jawan telah melewati proses sensor dengan hasil yang memuaskan sehingga berhasil mendapatkan klasifikasi U/A (Umum dengan Pembatasan).

Berikut 7 adegan yang dipotong Dewan Pusat Sertifikasi Film (CBFC):

1. Adegan bunuh diri diminta untuk dikurangi sehingga harus membuang beberapa adegan yang sudah masuk editing.

2. Adegan kekerasan seperti kepala yang dipenggal dari tubuhnya, juga diminta untuk dihilangkan.

3. Referensi di luar konteks dari 'Yang Terhormat Presiden India', telah dimodifikasi dan diganti dengan istilah 'Kepala Negara'.

4. Beberapa dialog, yang dianggap tak pantas juga harus diganti.

5. Tulisan 'Paida hoke' dihilangkan pada dialog 'Tab tak beta vote daalne...'

6. Kata 'Ungli karna' diganti dengan 'Usse use karo' dan ditambahkan kata 'Sampraday' pada dialog 'Ghar, paisa...ki buniyaad par'.

7. Referensi yang tidak relevan terhadap NSG (Penjaga Keamanan Nasional) telah dihapus karena NSG sebenarnya telah dimodifikasi menjadi IISG di film 'Jawan'.

Setelah semua perubahan tersebut dilakukan, sertifikat lolos sensor diberikan pada film 'Jawan' pada 22 Agustus 2023, lalu, dengan sertifikat U/A, yakni untuk kategori 17 tahun ke atas.

Durasi film yang akan dirilis pada 7 September 2023, sesuai dengan sertifikat lolos sensor adalah 169 menit, atau sekitar 2 jam 49 menit.

Jumlah guntingan sensor dalam Jawan relatif lebih sedikit dibandingkan dengan film 'Pathaan' yang telah memecahkan rekor bersejarah.



Diketahui, film 'Pathaan' mengalami 10 guntingan di tangan Badan Sensor Film India (CBFC), seperti foto close-up bokong Deepika Padukone, foto 'pose samping (telanjang sebagian)'.