Lapor Pak Jokowi! Terduga Mafia Tanah Terendus Memiliki Afiliasi ke Istana

Tahun 2022, Kejagung Menerima 641 Aduan Terkait Kasus Mafia Tanah
Tahun 2022, Kejagung Menerima 641 Aduan Terkait Kasus Mafia Tanah (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

Antv –Seorang wanita berinisial RN di Jakarta Selatan diduga menjadi korban sindikat mafia tanah. Bahkan, terduga pelaku utama terendus memiliki afiliasi hubungan keluarga dengan pihak istana.

Kasus ini bermula ketika RN diajak untuk bekerjasama dalam sebuah proyek pengadaan oleh salah satu temannya. Saat itu, RN mengaku tidak memiliki cukup uang untuk diinvestasikan.

"Teman itu kemudian memperkenalkan saya dengan HEN yang mau meminjamkan uang dengan jaminan sertifikat. Katanya, daripada sertifikat saya nganggur, mending dijaminkan untuk dapat modal," kata RN dalam keterangannya, Selasa (23/1/2024).

Termakan bujuk rayu, RN pun menyepakati untuk menjaminkan sertifikatnya kepada HEN senilai Rp 3 miliar. Pinjaman yang diperoleh lantas ia investasikan pada proyek pengadaan yang ditawarkan temannya.

"Seiring berjalannya waktu, ternyata proyeknya zonk dan teman saya itu tersandung kasus hukum," tutur RN.

Lalu, ia berupaya mencari solusi untuk membayar utangnya kepada HEN yang sudah berbunga menjadi Rp 4,5 miliar. RN dikenalkan dengan HAR yang bersedia memberikan talangan Rp 3 miliar di awal.

Sedangkan sisanya Rp 1,5 miliar minta dibuatkan surat pengakuan utang atas nama HAR kepada HEN. Namun, HEN menolak menyerahkan sertifikat RN kepada HAR.