Indonesia Maju dengan Prabowo-Gibran Dimulai dengan Cegah Stunting

Indonesia Maju dengan Prabowo-Gibran Dimulai dengan Cegah Stunting
Indonesia Maju dengan Prabowo-Gibran Dimulai dengan Cegah Stunting (Foto : Istimewa)

Antv – Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran telah meluncurkan program visi-misi yang berjudul, “Bersama Indonesia Maju” yang terdiri dari 8 misi asta cita, 17 program prioritas, dan 8 program hasil terbaik cepat.

Dalam 8 program hasil terbaik cepat, Prabowo-Gibran menjanjikan untuk memberi makan siang dan susu gratis di sekolah serta pesantren termasuk bantuan gizi kepada para balita dan ibu hamil.
 
“Memberi makan siang dan susu gratis di sekolah dan pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil,” dikutip dari dokumen tersebut pada Minggu, 10 Desember 2023.
 
Adapun salah satu tujuan program Indonesia maju yang dikemukakan oleh Prabowo-Gibran itu adalah untuk menyelesaikan masalah stunting di Indonesia.

Keduanya juga menjelaskan bahwa stunting merupakan sebuah permasalahan konkret dan mendesak yang harus segera diatasi secara langsung dan menyeluruh oleh pemerintah guna memastikan tercapainya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik serta kualitas hidup yang optimal.

Upaya Menteri Pertahanan dan Wali Kota Surakarta itu akan dilakukan dengan cara pemberian makan siang secara rutin kepada anak-anak pra-sekolah, siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan pesantren.

Selain itu, bantuan gizi juga diberikan kepada ibu hamil dan balita di seluruh Indonesia guna meningkatkan kesehatan dan mendukung keuangan keluarga.

Program pemberian makan siang dan susu gratis yang terkandung dalam Visi Indonesia Maju Prabowo-Gibran ini menargetkan capaian lebih dari 80 juta penerima manfaat dengan cakupan yang mencapai 100% pada tahun 2029.
 
Anggota DPR Kabupaten Bogor Dukung Visi-Misi Prabowo-Gibran
 
Anggota Komisi IV DPR RI Ravindra Airlangga mengatakan bahwa program pencegahan stunting yang ditawarkan oleh pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo -Gibran sangat sesuai untuk Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ravindra menyatakan bahwa program tersebut relevan mengingat Kabupaten Bogor memiliki target untuk menghapuskan kasus stunting.

“Program dari pasangan Prabowo-Gibran ini sangat relevan untuk Kabupaten Bogor. Karena memang Kabupaten (Bogor) itu punya target zero stunting," kata Ravindra dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, hari Sabtu, (9/12/2023).

Menurut politisi dari Partai Golkar tersebut, data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menunjukkan angka stunting pada akhir 2022 mencapai 4,78 persen.

Dia menjelaskan bahwa program yang difokuskan Prabowo-Gibran terkait dengan pemberian nutrisi kepada anak-anak usia dini memiliki kepentingan yang besar.

Menurutnya, hal ini dapat membantu untuk mencapai target untuk menghilangkan stunting. Ravindra juga percaya bahwa program yang diusung oleh Menteri Pertahanan dan Wali Kota Surakarta itu bisa menjadi salah satu langkah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

Dia menegaskan bahwa capaian untuk menghapuskan stunting di Kabupaten Bogor sangat penting dan memerlukan kerjasama dari berbagai pihak.

"Sangat penting capaian target zero stunting di Kabupaten Bogor, butuh kerja sama seluruh pihak," ujar anggota dewan yang berasal dari daerah pemilihan Jawa Barat itu.
 
Ravindra juga menekankan bahwa generasi muda di Bogor harus menjadi generasi yang diharapkan oleh calon presiden Prabowo, yaitu generasi yang unggul dan siap membawa Indonesia maju kedepannya.

Berkaca dari komitmen Prabowo-Gibran yang ingin mencegah stunting demi membawa Indonesia maju kedepannya, menunjukkan bahwa keduanya sangatlah memperhatikan isu tersebut.