Sejarah Bola Basket Indonesia, Indonesia Raih Emas kalahkan Raja Asia Tenggara

timnas basket
timnas basket (Foto : )
Sejarah tercipta di Bola Basket Indonesia. Indonesia pertama kalinya raih medali emas di SEA Games setelah kalahkan Filipina.
Indonesia menang 85-81 atas raja bola basket Asia Tenggara, Filipina. Pertandingan final basket SEA Games 2021, Indonesia vs Filipina, berlangsung di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5/2022) sore WIB.Catatan bagus dimana skuad Garuda di bawah kepelatihan Milos Pejic tak pernah kalah di ajang SEA Games 2021 dalam 5 pertandingan. Mengalahkan Filipina adalah sejarah dimana negara itu tercatat sebagai peraih 12 medali emas Sea Games berturut turut.Dalam sejarah SEA Games, Indonesia sebelumnya belum pernah membawa pulang medali emas dan bersamaan dengan hasil final basket SEA Games 2021 tersebut, hanya empat medali perak dan tiga perunggu yang diraih.Akhirnya Indonesia memutus kutukan tak pernah bawa pulang medali emas di setiap ajang Sea Games.Tim Basket untuk Sea Games 2021 Hanoi, kali ini memang dipersiapkan dengan serius di bawah arahan Ketua Badan Tim Nasional PB. Perbasi, Syailendra Bakrie, dengan target merebut medali emas.

Jalannya Pertandingan

Pertahanan Indonesia yang sebelumnya begitu rapat, mulai terlihat celah saat bertemu Filipina.Brandon Jawato cs kerap tak berkutik tiap dapat fastbreak dari lawan. Beruntung, penyerangan Garuda sungguh tajam. Indonesia berhasil memimpin pada paruh pertama dengan keunggulan 36-32.Pada kuarter ketiga, Indonesia sempat tertinggal 56-60. Akan tetapi, mereka berhasil membalikkan keadaan. Di quarter ketiga, skor terus ketat 60-60.Di akhir laga, timnas basket Indonesia terus jaga jarak. Kemenangan dan medali emas di raih dengan skor 85-81!