Kasus Positif Menurun, Pemprov DKI Jakarta Akan Perbanyak Pelonggaran Aktivitas Masyarakat

Kasus Positif Menurun, Pemprov DKI Jakarta Akan Perbanyak Pelonggaran Aktivitas Masyarakat (Foto Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Kasus Positif Menurun, Pemprov DKI Jakarta Akan Perbanyak Pelonggaran Aktivitas Masyarakat (Foto Dok. Pemprov DKI Jakarta) (Foto : )
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut akan perbanyak pembukaan kegiatan dan aktivitas di ibu kota apabila kasus Covid-19 turun secara signifikan.
Riza juga menambahkan, pelaksanaan vaksinasi di Jakarta yang dilakukan secara masif, berdampak signifikan terhadap penurunan kasus Covid-19."Insya Allah seiring dengan peningkatan pelaksanaan vaksin. Kemudian seiring turunnya Penularan Covid-19, pemerintah pusat membuka tempat-tempat kegiatan," kata Riza di Jakarta, Sabtu (14/8/2021).Hal ini diungkapkan Riza menyusul mulai dilakukannya pelonggaran dan pembukaan sejumlah sektor oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Padahal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DKI masih level 4.Itu karena saat ini kondisi penularan Covid-19 di Jakarta mulai melandai dan vaksinasi juga dikebut.Politisi partai Gerindra itu juga menjelaskan, pelonggaran yang dilakukan pihaknya saat ini adalah membuka kembali pusat perbelanjaan modern (Mal). Kemudian tempat olahraga "outdoor" hingga pelonggaran mobilitas warga dengan membuka 20 titik penyekatan.Riza menyebut, semua pelonggaran itu telah tertuang dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 974 Tahun 2021. Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Desease 2019. Yakni yang dikeluarkan Gubernur Anies Baswedan pada 10 Agustus 2021.Kepgub ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2021. Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.Meski demikian, dengan dilakukannya pelonggaran dan operasi beberapa sektor, Riza tetap meminta agar masyarakat tetap patuh protokol kesehatan. Serta meminta masyarakat tetap berada di rumah jika tak ada keperluan mendesak."Sekalipun ada pelonggaran, tetapi kami minta tetap tempat terbaik adalah di rumah dan tetap melaksanakan prokes secara baik. Laksanakan PPKM Level 4 secara disiplin dan bertanggungjawab," tuturnya.