Tim Putri Amerika Serikat Rebut Perunggu Olimpiade Usai Kalahkan Australia

Australia vs Amerika Serikat 3-4 AS Raih Perunggu Olimpiade Tokyo
Australia vs Amerika Serikat 3-4 AS Raih Perunggu Olimpiade Tokyo (Foto : )
Tim putri Amerika Serikat rebut Perunggu Olimpiade usai kalahkan Australia. Tim Putri Amerika Serikat berhasil menundukkan putri Australia  4-3 dalam perebutan tempat ketiga Sepak Bola Putri Olimpiade Tokyo.
Perebutan juara ketiga sepakbola putri Olimpiade Tokyo 2020 mempertemukan antara Tim Putri Australia U-23 menghadapi Timnas Amerika Serikat U-23. Pertandingan perebutan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 antara Australia dan Amerika Serikat digelar di Stadion Ibaraki Kashima di kota Kashima, prefektur Ibaraki pada 5 Agustus 2021.Tim sepak bola putri Amerika Serikat berhasil merebut juara ketiga sepak bola putri dengan kemenangan 4-3 atas Australia di Kashima Soccer Stadium di Kashima, Kamis, 5 Agustus 2021. Berkat kemenangan ini Tim Putri Amerika Serikat merebut medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020.
Babak Pertama Australia U-23 Putri vs Amerika Serikat U-23 Putri Dalam pertandingan yang digelar di Ibaraki Kashima Stadium, di kota Kashima, prefektur Ibaraki tersebut, pelatih Tim Putri Amerika Serikat Vlatko Andonovski memainkan pola menyerang 4-3-3 menghadapi Australia yang lebih suka memainkan pola 3-4-2-1. Vlatko Andonovski mengandalkan winger Megan Rapinoe dan Christen Press untuk mendampingi striker Carli Lloyd di lini depan.Sementara di lini tengah Vlatko menurunkan Lindsey Horan, Julie Ertz dan Samantha Mewis untuk membantu menggempur pertahanan Australia. Kedua tim relatif imbang dalam penguasaan bola, tapi Amerika Serikat unggul dalam jumlah tembakan terarah ke gawang lawan 10 berbanding 7 dari Australia.Tim Putri Amerika Serikat tampil mengejutkan lewat serangan trio Megan Rapinoe, Carli Lloyd dan Christen Press. Skuat asuhan pelatih Tony Gustafsson membuka keunggulan lewat gol Megan Rapinoe pada menit ke-8’.Australia sempat menyamakan kedudukan dari gol Sam Kerr pada menit ke-17’. Namun Putri Amerika kembali unggul berkat gol kedua Megan Rapinoe pada menit ke-21’ serta gol Carli Lloyd pada menit ke-45’.Amerika mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 3-1 atas Australia. Babak Kedua Australia U-23 Putri vs Amerika Serikat U-23 Putri Memasuki babak kedua, serangan tim Amerika kembali berhasil menggetarkan gawang Australia pada menit ke-54’. Striker andalan tim Paman Sam, Carli Lloyd berhasil mencetak gol keduanya pada menit ke-54’ dan merubah papan skor menjadi 4-1.Tertinggal 3 gol, semangat juang para pemain Australia mulai bangkit. Mereka terus berusaha keras menggempur lini pertahanan Amerika Serikat. Kerja keras skuat asuhan Pelatih Tony Gustafsson akhirnya membuahkan hasil.Australia mampu menambah dua gol lewat Caitlin Foord pada menit ke-54’ dan Emily Gielnik dimasa injury time pada menit ke-90+1. Namun Australia gagal meraih medali Olimpiade pertamanya karena Amerika Serikat memenangkan pertandingan dengan skor tipis 4-3 atas Australia.Bagi Amerika, medali perunggu ini menjadi peningkatan kecil setelah pada 2016 gagal lolos ke semifinal. Tapi mereka gagal menyamai torehan medali emas seperti pada empat Olimpiade sebelumnya (1996, 2004, 2008, dan 2012).Australia, yang diperkuat banyak pemain muda, menorehkan pencapaian terbaiknya setelah dalam dua kesempatan sebelumnya finis di posisi perempat final.  Sususnan Pemain Australia U-23 Putri vs Amerika Serikat U-23 Putri