Kunjungan Tiga Hari di AS, Menlu Retno Dapat Komitmen Bantuan Rp1,1 Triliun

menlu retno dengan blinken
menlu retno dengan blinken (Foto : )
Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Amerika Serikat Antony Blinken di Washington DC. Retno menyebut, pihaknya sudah mendapat komitmen bantuan Rp1,1 triliun dari AS.
Menlu Retno Marsudi berkunjung ke Amerika Serikat (AS) mulai 2 Agustus hingga 5 Agustus 2021 atas undangan Menlu Antony Blinken.Menurutnya, dalam pertemuan dengan Menlu Blinken, membahas peningkatan kerja sama kesehatan untuk menangani pandemi Covid-19Untuk jangka pendek, kata Retno, penanganan Covid-19 menjadi prioritas kerja sama antara Indonesia dan Amerika.Menurutnya, AS telah memberikan berbagai bantuan kesehatan, antara lain lebih dari 8 juta dosis vaksin Moderna, seribu ventilator dan alat-alat kesehatan lainnya."Selama pertemuan-pertemuan saya, kita juga memperoleh dukungan baru berupa penyediaan tambahan dana 30 juta dollar yang pengumumannya langsung dilakukan setelah pertemuan saya dengan NSA Jack Sullivan," kata Retno dalam konferensi pers virtual.
"Kemudian ada juga dukungan obat-obat terapeutik oleh salah satu perusahaan Amerika Serikat senilai kurang lebih 51,6 juta dollar,” paparnya lagi. Jika digabung, kata Retno, total komitmen bantuan dari AS mencapai 81,6 juta dollar atau sekira Rp1,1 triliun. VOA Indonesia