Gerakan Pinjam Tabung Oksigen Gratis ke Warga Isolasi Mandiri

Sejumlah masyarakat sedang mengantre peminjaman tabung oksigen dan isinya secara gratis yang digelar Polres  Bojonegoro. ( Foto: Dewi Rina Handayani/ANTV)
Sejumlah masyarakat sedang mengantre peminjaman tabung oksigen dan isinya secara gratis yang digelar Polres Bojonegoro. ( Foto: Dewi Rina Handayani/ANTV) (Foto : )
Polres Bojonegoro, Jawa Timur, menyiapkan pinjam tabung oksigen dan isinya secara gratis untuk masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar covid-19.
Penuhnya ruang perawatan bagi pasien covid-19 di sejumlah rumah sakit, membuat sejumlah masyarakat yang terkonfirmasi positif, memutuskan untuk menjalani isolasi mandiri.Namun saat menjalani isolasi mandiri, mereka kembali memperoleh kesulitan untuk memperoleh ketersediaan oksigen.Kesulitan memperoleh oksigen bukan saja dirasakan mereka, namun sulitnya menemukan oksigen di Kota Bojonegero juga dirasakan bagi sejumlah distributor.Di tengah kesulitan itu, Polres Boonegoro menginisiasi gerakan yang dinamai “Gerakan Pinjam Tabung Oksigen “.Kapolres Bojonegoro AKBP Eva Guna Pandia mengatakan gerakan ini memberikan peminjaman tabung oksigen kepada masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar covid-19.“Memberikan peminjaman tabung beserta oksigennya khusus masyarakat Bojonegoro yang melaksanakan isoman yang terkena covid-19. Dengan  bantuan peminjaman dan oksigen ini, mereka yang sedang isoman segera pulh kembali,” jelasnya.Mapolres Bojonegoro menjadi  titik pusat penukaran tabung oksigen warga yang kosong dengan tabung yang sudah terisi okisgen.Gerakan yang diinisiasi Polres Bojonegoro memperoleh antusias warga. Iktiar yang dilakukan Polres Bojonegoro dinilai sebagai tindakan cepat untuk meringankan kesulitan warga.[caption id="attachment_480690" align="alignnone" width="900"]
Seorang warga sedang membawa oksigen isi, yang ditukarkannya di kantor Polres Bojonegoro dalam gerakan pinjam tabung oksigen. ( Foto: Dewi Rina Handayani/ANTV) Seorang warga sedang membawa oksigen isi, yang ditukarkannya di kantor Polres Bojonegoro dalam gerakan pinjam tabung oksigen. ( ANTV/Dewi Rina Handayani) [/caption]Adapun layanan penukaran tabung oksigen dan isinya itu, terbilang tidak rumit. Bagi masyarakat yang membutuhkan hanya menunjukkan kartu identitas dan surat keterangan hasil antigen atau PCR.“Jadi mereka tinggal bawa tabung kosong dari rumah, maka kita ganti dengan tabung yang sudah ada oksigennya. Syaratnya KTP dan hasil antigen atau PCR pasien yang sedang isoman,” tambah Eva.Selain mengalami kelangkaan stok oksigen, penjualan tabung oksigen yang ada di Kota Bojonegeoro kini mengalami lonjakan harga yang cukup tajam. Harga normalnya di pasaran Rp1,2 Juta per tabung kecil, kini patok dengan harga Rp4 juta.Masyarakat Bojonegoro berharap kepada Pemerintah Kabupaten di wilayahnya akan ada  rumah sakit darurat yang memadai agar masyarakat yang membutuhkan perawatan karena terkonfirmasi covid-19 dapat tertampung dan tidak lagi ditolak. Dewi Rina Handayani | Bojonegoro, Jawa Timur