Satu Pemain Asing Andalan Persija Pamit Dari Indonesia Akibat PPKM Darurat

Marco Motta dan Presiden Klub Persija Mohamad Prapanca
Marco Motta dan Presiden Klub Persija Mohamad Prapanca (Foto : )
Satu pemain asing andalan Persija pamit dari Indonesia akibat PPKM Darurat. Rencana kick off Liga 1 diundur dan penerapan PPKM Darurat membuat Marco Motta pamit pulang ke Italia.
Kick off kompetisi Liga 1 yang direncanakan 9 Juli 2021 ditunda membuat klub merancang program baru untuk pemantapan latihan timnya. Namun rencana setiap klub kembali berubah menyusul penerapan PPKM Darurat oleh Pemerintah mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021.Akibatnya banyak klub khususnya yang berdomisili dan berhome base di pulau Jawa dan Bali harus menghentikan latihan bersama. Mereka memulangkan para pemainnya ke rumah masing masing dan menggelar latihan mandiri seperti dulu lagi.Di tengah situasi Covid-19 dan belum dimulainya Liga 1 2021, satu pilar berpaspor luar negeri milik Persija Jakarta baru-baru ini menyatakan pamit dari Indonesia. Tim-tim Liga 1 memang sudah sempat bersiap jelang menatap musim 2021 mendatang, termasuk Persija Jakarta.Persija Jakarta pernah mulai berlatih bersama hingga melakukan gim internal demi menyongsong Liga 1 2021. Namun, kini Persija Jakarta sedang meliburkan skuadnya dan mengintruksikan program latihan mandiri untuk para pemainnya.Hal itu dilakukan menyusul penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan oleh Pemerintah untuk menyasar wilayah Pulau Jawa dan Bali.PPKM dimulai tanggal 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021 dilakukan dengan alasan untuk mengurangi angka penyebaran virus corona di Indonesia. Dampak dari PPKM pun berimbas dengan pelaksanaan Liga 1 2021.Liga 1 2021 awalnya diagendakan pada 9 Juli 2021, namun akhirnya diundur karena adanya PPKM Darurat Jawa Bali. Bahkan kabar terbaru Pemerintah memperpanjang akhir penerapan PPKM Darurat 11 hari lagi yaitu hingga 31 Juli 2021.
Desas-desus Liga 1 2021 bakal berlangsung pada Agustus 2021 Terkait dengan perpanjangan waktu PPKM Darurat hingga 31 Juli 2021 tersebut, PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum memberikan keterangan resmi kapan pelaksanaan kick off Liga 1 2021 bisa digelar.Di tengah ketidak pastian kick off Liga 1 2021 itu, ada satu pemain asing andalan Persija Jakarta yang memutuskan pamit dari Indonesia. Pilar andalan Persija yang meninggalkan Tanah Air tersebut adalah pemain asing asal Italia Marco Motta.Motta memilih pulang ke Italia saat situasi latihan mandiri karena dirinya rindu dengan keluarganya."Saya bisa mengerti dan saya yakin Anda lelah dengan situasi ini, sama saya juga lelah," kata Marco Motta seperti dkutip dari Instagram stories-nya."Sayangnya situasi ini dan saat ini di Indonesia tidak dalam kondisi baik ketika lock down dimulai. Karena situasi ini belum jelas dan menghormati aturan klub saya dan presiden. Mungkin sebentar lagi aku akan kembali ke keluargaku (di Italia) karena aku sangat merindukan mereka," ujar mantan pemain Juventus tersebut.