Bek Andalan Italia Leonardo Spinazzola Absen Hadapi Spanyol di Semi Final Euro 2020

Leonardo Spinazzola setelah berhasil menjalani operasi cideranya
Leonardo Spinazzola setelah berhasil menjalani operasi cideranya (Foto : )
Bek andalan Italia Leonardo Spinazzola absen hadapi Spanyol di semi final Euro 2020. Pelatih Roberto Mancini dirugikan dengan cideranya bek kiri andalan italia Leonardo Spinazzola akibat cidera.
Pelatih Timnas Italia Roberto Mancini harus berpikir keras untuk menggantikan bek andalan Leonardo Spinazzola yang cidera. Akibat cidera yang dialaminya Leonardo Spinazzola harus absen hingga 6 bulan.Italia terpaksa menjalani semi final tanpa kehadiran bek andalannya Leonardo Spinazzola. Cidera membuat bek kiri berusia 28 tahun itu absen selama enam bulan.Pelatih Gli Azzurri Roberto Mancini biasa memasang formasi 4-3-3 di depan kiper Gianluigi Donnarumma. Duo bek tengah Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini tetap menempati jantung pertahanan Timnas Italia.Giovanni Di Lorenzo pun masih tetap memerankan posisinya di bek kanan, sedangkan tempat Leonardo Spinazzola di posisi bek kiri diisi oleh Emerson Palmieri.Trio lapangan tengah yang menawan saat menghadapi Belgia juga dipertahankan. Jorginho akan tetap menyangga pertahanan dan sekaligus mendikte tempo permainan. Sedangkan Nicolo Barella dan Marco Verratti lebih ofensif dan merusak gerak maju lawan.Barella juga menjadi tenaga kreatif di tengah lapangan. Lorenzo Insigne yang tampil mempesona pada perempat final akan mengisi sayap kiri serangan Italia. Sebaliknya Federico Chiesa berada di sayap kanan.Chiesa akan berusaha menduduki dan menembus sisi kiri pertahanan Spanyol manakala bek kiri Jordi Alba terlalu jauh meninggalkan posnya. Untuk penyerang tengah, Italia kembali memasang Ciro Immobile.Dari pihak Spanyol, Pablo Sarabia mungkin tak menjadi pilihan karena cidera saat melawan Swiss. Pelatih La Furia Roja Luis Enriqie juga kembali memasang formasi 4-3-3 dengan mengandalkan Unai Simon di posisi penjaga gawang.Aymeric Laporte akan berduet dengan Pau Torres di jantung pertahanan yang sebagaimana biasa diapit bek kanan Cesar Azpilicueta dan bek kiri Jordi Alba.Poros permainan tetap disetir kapten Sergio Busquets yang juga tetap didampingi Koke dan Pedri yang lebih bertugas menekan pertahanan lawan dengan membantu serangan.Untuk trisula serangan Spanyol, pelatih Luis Enrique mengandalkan Ferran Torres diposisi sayap kanan. Sedangkan sayap sebaliknya ditempati Dani Olmo yang kemungkinan masuk menggantikan Sarabia. Alvaro Morata kemungkinan tetap memerankan nomor 9 yang akan meneror dua rekannya di Juventus, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.
Catatan Statistik Penting Italia Dan Spanyol Ini semi final Euro kelima bagi Spanyol setelah Euro 1964 ketika mengalahkan Hungaria, Euro 1984 manakala kalah adu penalti dari Denmark, Euro 2008 saat menyingkirkan Rusia, dan Euro 2012 tatkala menang adu penalti dari Portugal untuk bertemu Italia di partai final. Hanya 1984 yang tak mereka akhiri dengan predikat juara Eropa.Bagi Italia ini adalah semi final Euro keempatnya setelah Euro 1968 dimana mereka tampil sebagai juara. Euro 2000 yang menang atas Belanda untuk finis sebagai runner up, Euro 2012 ketika menaklukkan Jerman guna bertemu Spanyol dalam final namun kalah.Italia sudah 36 kali bertemu lawan Spanyol dengan catatan Italia menang 11 kali, Spanyol menang 12 kali, 13 laga sisanya berakhir seri. Dari 36 pertemuan ini, Italia mencetak 43 gol, sedangkan Spanyol menciptakan 40 gol.Pertemuan paling membekas di antara mereka adalah final Euro 2012. Kedua negara sempat seri 1-1 dalam fase grup edisi ini, namun di partai final, Italia diberondong empat gol yang diciptakan oleh David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres dan Juan Mata.Dua pemain Italia, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini, turut bermain dalam laga yang berakhir sangat menyakitkan bagi Azzurri ini.