Gempa Malang 6,1 Magnitudo, BMKG Sebut Zona Selatan Malang Kawasan Aktif Gempa

Gempa Malang 6,1 M, BMKG Sebut Zona Selatan Malang Kawasan Aktif Gempa
Gempa Malang 6,1 M, BMKG Sebut Zona Selatan Malang Kawasan Aktif Gempa (Foto : )
BMKG menyebut, zona gempa Selatan Malang merupakan kawasan aktif gempa. Pemuktahiran BMKG, gempa 6,1 magnitudo mengguncang sejumlah wilayah di Jawa Timur pada pukul 14.00 WIB. 
Pusat gempa berada di laut dengan jarak 96 km arah Selatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan kedalaman 80 kilometer.
Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Daryono mengungkapkan, berdasarkan catatan sejarah gempa menunjukkan bahwa Gempa Selatan Malang 6,1 magnitudo ini berdekatan pusat gempa yang merusak Jawa Timur pada masa lalu, pada tahun 1896, 1937, 1962, 1963 dan 1972.“Gempa Selatan Malang 6,1 magnitudo ini merupakan gempa menengah akibat adanya deformasi atau patahan di zona Benioff yaitu pada bagian Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi/menunjam dan menukik ke bawah Lempeng Eurasia di bawah lepas pantai selatan Malang,” jelas Daryono, melalui cuitannya, Sabtu (10/4/2021) sore, di akun resmi Twitter miliknya @DaryonoBMKG.Dijelaskan dia, gempa selatan Malang 6,1 magnitudo tadi siang, bukan gempa megathrust , tetapi gempa Beniof, karena deformasi terjadi pada slab lempeng yang menunjam dan tersubduksi mulai menukik ke bawah Jawa Timur.“Gempa 6,1 magnitudo di selatan Malang ini kemungkinan sangat kecil untuk dapat memicu aktifnya gunungapi, kecuali gunungapi tersebut memang sedang aktif. Jika gunungapi sedang tidak aktif maka gempa tektonik tidak akan dapat mempengaruhi aktivitas vulkanisme,” cuitnya.