Maria Koltakova si “Nenek Besi” Usia 99 Tahun Menerbangkan Jet Tempur

iron granny
iron granny (Foto : )

Maria Koltakova, seorang veteran Perang Dunia II berusia 99 tahun, menguji dirinya sebagai co-pilot pesawat pembom tempur Su-34 Rusia modern. Maria Koltakova  yang dijuluki The "Iron Granny” atau nenek besi, mengunjungi resimen penerbangan di Distrik Militer Barat Angkatan Bersenjata Rusia, di mana dia akan terbang dengan simulator Su-34 yang dipasang di kapsul interaktif yang memungkinkan menciptakan kembali lingkungan identik dengan kondisi asli.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan, veteran Perang Dunia II itu ditemani dalam penerbangan virtual oleh veteran Rusia Andrey Diachenko. Mereka bersama-sama melakukan berbagai aksi udara, mengisi bahan bakar di udara dan menghancurkan pesawat musuh. Seperti diberitakan Sputnik Italia, penerbangan ini menjadi rekor pribadi ke-13 bagi si "nenek besi" yang sudah memegang rekor penerjun payung dan penyelam tertua di seluruh Rusia. Dia juga berpartisipasi dalam balapan off-road, mengendarai tank dan balon udara di antara petualangannya yang lain.

Maria Koltakova berpartisipasi dalam Pertempuran Kursk selama Perang Dunia Kedua dan juga dalam pembebasan Ukraina, Polandia, dan Cekoslowakia. Dia mengevakuasi lebih dari 300 tentara yang terluka dari medan perang. Sputnik Italia