SPAM Umbulan Telah Diresmikan, Jokowi Ungkap PR Besar Proyek Ini

jokowi resmikan proyek umbulan
jokowi resmikan proyek umbulan (Foto : )
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM Umbulan, Pasuruan Jawa Timur. Proyek ini menelan biaya hingga lebih dari Rp2 triliun.
Saat meresmikan SPAM Umbulan, Senin (22/3/2021), Presiden Jokowi menyebut, proyek ini dapat menyediakan air minum untuk masyarakat Pasuruan, Gresik, Sidoarjo dan Kota Surabaya.
"Air dari sini keadaannya sudah bersih, langsung bisa dimanfaatkan. Tidak pakai pengolahan yang rumit-rumit dan kapasitasnya juga besar, 4.000 liter per detik, ini gede banget," katanya seperti disiarkan akun Sekretariat Presiden di YouTube.Menurut Jokowi, saat ini yang baru berjalan berkapasitas 900 liter detik.  Artinya, ada 80 persen yang harus diselesaikan dari pipa utama ke pipa rumah tungga.  Dikatakan, pekerjaan besarnya adalah siapa mengerjakan apa. Oleh karena itu Jokowi meminta bupati, wali kota dan instansi terkait duduk bersama untuk membahas proyek yang menelan dana lebih dari Rp2 triliun itu."Jangan sampai proyek besarnya jadi, pipa utama selesai, tapi masuk ke rumah tangga terkendala karena siapa bertanggung jawab tidak jelas. Apakah PDAM kabupaten/kota atau tingkat provinsi atau Menteri PU. Saya minta minggu ini sudah ada rapat, yang tanggungjawab siapa," kata Jokowi.Dikatakan, SPAM Umbulan dibangun dengan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).Jokowi berharap skema KPBU juga dapat dilakukan di proyek-proyek besar lainnya agar beban APBN semakin berkurang.