Beredar Kabar Warga Disuntik Vaksin Corona di Rumahnya, Ini Kata Kemenkes

Beredar Kabar Warga Disuntik Vaksin Corona di Rumahnya, Ini Kata Kemenkes (Foto Tangkap Layar Instagram Story)
Beredar Kabar Warga Disuntik Vaksin Corona di Rumahnya, Ini Kata Kemenkes (Foto Tangkap Layar Instagram Story) (Foto : )
Beredar kabar seorang warga di Cilandak, Jakarta Selatan, diduga disuntik vaksin corona di rumahnya dan kabar itu beredar viral.
Dari foto kartu vaksinasi yang dibagikan di fitur Insta Story, warga tersebut bernama Mutia Imro Atussoleha.Perempuan itu bukan lansia lantaran kartu vaksinasinya tertulis kelahiran 1990. Selain itu, dalam unggahannya, ada beberapa orang lain yang disebut ikut divaksin.[caption id="attachment_444582" align="aligncenter" width="699"]
Tangkap Layar Insta Story Tangkap Layar Insta Story[/caption]Menanggapi ini, juru bicara vaksinasi corona dari Kemenkes, dr. Siti Nadia pun mengingatkan tentang tempat pelaksanaan suntik vaksin Covid-19.Menurut Siti Nadia, vaksinasi corona hanya bisa dilakukan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan atau pun pos vaksinasi. Nadia tidak membenarkan layanan vaksinasi dilakukan di rumah."Dinkes tentunya akan mengecek dulu. Dan kalau ini tidak sesuai prosedur, akan mendapatkan teguran dulu, tidak langsung sanksi," ujar Nadia saat dihubungi, seperti dikutip dari Kumparan.Terkait kasus ini, Nadia menegaskan pihaknya akan menginvestigasi terlebih dahulu. Nadia membeberkan risiko apabila seseorang divaksinasi di rumah."Dicek dulu. Kalau vaksin di rumah itu risikonya, misalnya ada syok anafilatik. Jadi akan membahayakan diri sendiri dengan adanya risiko tersebut," ungkap Nadia.Hasil penelusuran terakhir di akun media sosial milik Mutia Imro Atussoleha, ternyata unggahan soal itu sudah dihapus.Mutia Imro Atussoleha juga tidak memberikan alasan atau klarifikasi tentang dihapusnya unggahan itu.