Kroscek: Jokowi Tak Pakai Masker dan Berada di Kerumunan, Faktanya?

hoaks reuters
hoaks reuters (Foto : )
Sebuah akun Facebook membagikan foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak pakai masker dan berada di kerumunan orang. Faktanya? 
Sebuah akun Facebook mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo tak pakai masker dan berada di tengah kerumunan orang.Si pengunggah menyebut, foto itu diambil dari salah satu tayangan televisi swasta belum lama ini.“Pemerintah menegaskan berkerumun dan tidak pakai masker didenda dari menyanyi sampai denda 150 juta. kenapa orang itu gk pk masker dan berkerumun gk ditangkap dan didenda..#nanya,” tulis si penggunggah foto.
Seperti dilansir laman Turnbackhoax.id, ternyata foto-foto itu diambil dari video yang ditayangkan sebuah televisi swasta pada 13 Januari 2021. Gambar dalam tayangan itu sebagai ilustrasi terkait topik pemberitaan soal buzzer.Dalam tayangan yang memperlihatkan Presiden Jokowi tak mengenakan masker dan berada dalam kerumunan warga itu sebenarnya adalah video dokumentasi yang terjadi pada 2018.Saat itu Presiden Jokowi mengenakan  jaket merah itu sedang melakukan kunjungan ke Tangerang, Banten pada 4 November 2018.Jokowi terlihat  menggunakan kaos coklat dengan gambar #01. Kedatanganya untuk menghadiri acara deklarasi dukungan “Perempuan Keren” untuk pemenangan Jokowi-Amin yang diadakan di Tangerang, Banten, pada 2018.Dengan demikian, foto-foto Jokowi tanpa mengenakan masker dan berada di kerumunan warga, berlangsung sebelum pandemi Covid-19 merajalela.Virus corona baru dideteksi di Wuhan, China pada Desember 2019. Sementara kasus pertama Covid-19 baru dideteksi di Indonesia pada Maret 2020.Oleh karena itu, klaim yang menuding Presiden Jokowi melanggar protokol kesehatan adalah tidak benar dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan. Turnbackhoax.id