Fenomena Langka: Gurun Sahara Diselimuti Es dan Hujan Salju di Arab Saudi

snow on the sahara
snow on the sahara (Foto : )

Meskipun hujan salju di bulan Januari mungkin bukan hal yang aneh di banyak daerah perbukitan di seluruh dunia, penduduk yang tinggal di sekitar gurun Sahara pasti akan senang melihat bukit pasir yang tertutup serpihan es. Kini, foto dan video daerah gurun yang tertutup salju di beberapa bagian Aljazair dan Arab Saudi menjadi viral.

Seperti dimuat The Indian Express, Rabu (20/1/2021), foto yang diambil oleh fotografer Aljazair, Karim Bouchetata, yang menunjukkan pola unik di bukit pasir yang dipenuhi salju menjadi viral.

Dengan tepat digambarkan olehnya sebagai 'lukisan embun beku' yang indah di bukit pasir yang disaksikan di kota Ain Sefra di Provinsi Naâma negara itu, gambar-gambar itu telah memukau orang-orang di seluruh dunia. Fotografer amatir, yang pertama kali menjadi viral pada tahun 2016 karena mengabadikan hujan salju pertama di gurun terpanas di dunia untuk kali pertama dalam 37 tahun, kembali lagi memberi tahu orang-orang tentang kejadian indah tersebut. Kaliini dia merekamnya dengan kamera video dab dibagikan secara online oleh banyak akun dan saluran berita internasional juga.

Kota yang juga dikenal sebagai "Gerbang Menuju Gurun" - berada sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh Pegunungan Atlas. Penduduk setempat dikejutkan karena suhu minggu lalu turun menjadi -3C, ED News melaporkan.

Namun, bukan Cuma di Aljazair, di Arab Saudi, penduduk setempat dikejutkan dengan hujan salju di wilayah Asir di barat daya Arab Saudi, tepatnya di Gubernuran Balsamer, setelah 50 tahun, Al Arabiya melaporkan. Bagian utara wilayah Tabuk di Kerajaan Arab Saudi menyaksikan "gelombang kutub" selama minggu lalu, yang menyebabkan hujan salju lebat, menurut situs resmi kantor berita Saudi Press SPA Orang-orang di media sosial mulai membagikan foto mereka sedang membangun manusia salju dan duduk di dekat api di gurun yang tertutup salju membentang dengan unta berdiri di atas dataran yang sangat dingin. Juga, video hujan salju menjadi viral di media sosial.

Saat suhu turun di bawah nol di beberapa bagian, dengan kantor meteorologi Arab Saudi mendesak penduduk untuk tetap hangat dan menghindari bertualang ke tempat-tempat terpencil, Arab News melaporkan. The Indian Express