Pengalaman Pemain Muda Persija Ikuti TC Timnas U-19 di Spanyol

Pemain Timnas U-19 Akhiri TC di Tarragona Spanyol 13 Januari 2021
Pemain Timnas U-19 Akhiri TC di Tarragona Spanyol 13 Januari 2021 (Foto : )
Pengalaman pemain muda Persija ikuti TC Timnas U-19 di Spanyol. Tiga pemain muda Persija yaitu Muhammad Salman, Alfriyanto Nico dan Braif Fatari merasakan perkembangan positif selama mengikuti pemusatan latihan (TC) tim nasional U-19 di Spanyol.
Para pemain Timnas U-19 sudah tiba di tanah Air Kamis 14 Januari 2021 malam setelah pesawat Turkeis Airlaines yang membawa mereka mendarat dengan selamat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng Tangerang, Banten.3 dari rombongan Timnas U-19 merupakan Pemain muda Persija Jakarta. Mereka terdiri dari Muhammad Salman Alfarid, Alfriyanto Nico dan Braif Fatari. Dikutip dari laman resmi Persija di Jakarta, mereka pun bertekad memberikan yang terbaik bagi Persija ketika sudah berada di Jakarta."Mudah-mudahan bisa melanjutkan kerja keras ini ketika nanti kembali ke tim Persija," ujar Alfriyanto Nico.Alfriyanto Nico salah satu pemain jebolan Tim Garuda Select merupakan salah satu pemain debutan di Timnas U-19. Nico menyebut bahwa dirinya menikmati semua kegiatan di bawah arahan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.[caption id="attachment_426412" align="alignnone" width="900"]
Muhammad Salman Alfarid memetik manfaat positif dari latihan dibawah bimbingan Pelatih Timnas Shin Tae-yong Muhammad Salman Alfarid memetik manfaat positif dari latihan dibawah bimbingan Pelatih Timnas Shin Tae-yong selama mengikuti pemusatan latihan di Jakarta dan Spanyol. (Foto : Persija)[/caption]Sementara bek Muhammad Salman Alfarid menilai bahwa aspek fisik dan stamina dirinya mengalami perubahan besar setelah mengikuti latihan keras dan disiplin tinggi dibawah pelatih Timnas asal Korea Selatan Shin Tae-yong.Perubahan Fisik dan stamina mereka inilah yang paling terlihat dari diri para pemain Timnas U-19 selama mengikuti pemusatan latihan di Jakarta hingga TC di Salou Catalunya Spanyol.  mereka."Kondisi fisik dan stamina kami lebih baik dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya. Momentum ini saya harus jaga sekembalinya ke Indonesia," ujar Salman.Timnas U-19 harus mengakhiri pemusatan latihan di Salou, Catalunya Spanyol lebih cepat dari jadwal semula yaitu dari 26 Desember 2020 hingga 31 Januari 2021. Para pemain Timnas U-19 pulang lebih cepat karena tidak mendapat ijin ujicoba lawan klub klub lokal yang sudah dijadwalkan akibat Pandemi Covid-19 yang makin meningkat di Spanyol.Shin Tae-yong memutuskan untuk membawa pulang rombongan Timnas U-19 ke Indonesia pada hari Rabu 13 Januari 2021. Mereka tiba di Bandar Udara Soekarno Hatta pada Kamis (14/1) malam WIB.PSSI memulangkan Timnas U-19 ke Tanah Air lebih cepat dari rencana karena pandemi Covid-19 cenderung tinggi di Spanyol yang membuat pemerintah setempat tidak mengizinkan adanya pertandingan uji coba.Sebelumnya, Amiruddin Bagas dan kawan-kawan dijadwalkan berada di Spanyol sampai 31 Januari 2021. Mereka berangkat dari Bandara Soekarno Hatta pada 26 Desember 2020 untuk menjalani pemusatan latihan (TC).Awalnya, TC itu menjadi persiapan menuju Piala Dunia U-20 tahun 2021. Akan tetapi, dalam prosesnya, Piala Dunia U-20 tahun 2021 dibatalkan oleh FIFA, yang kemudian memutuskan untuk menggelarnya kembali pada tahun 2023.Meski FIFA sudah membatalkan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia, namun PSSI yang sudah terlanjur merancang pemusatan latihan di Spanyol tetap melanjutkan programnya untuk menjaga mental Muhammad Salman Alfarid dan kawan kawan tetap dalam semangat tinggi.Bagi PSSI, Skuat Timnas U-19 tetap diproyeksikan untuk menghadapi putaran final Piala Asia U-19 di Uzbekhistan yang diundur April 2021. Timnas U-19 kali ini juga diproyeksikan sebagai calon pemain Timnas U-23 dan Timnas senior dimasa depan.