Populasi Ular Piton Tinggi, Florida Kaji untuk Dikonsumsi

Populasi Ular Piton Tinggi, Florida Kaji Untuk Konsumsi
Populasi Ular Piton Tinggi, Florida Kaji Untuk Konsumsi (Foto : )
Populasi ular piton Burma di Florida terbilang tinggi. Setidaknya 6.000 ekor ular sudah dimusnahkan. Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida bekerja sama dengan Departemen Kesehatan setempat meneliti untuk menjadikan ular piton sebagai konsumsi rumah tangga.
Ular piton mungkin akan jadi menu baru di Florida jika para ilmwuan dapat memastikan bahwa ular piton aman untuk dimakan.Florida Fish and Wildlife Conservation Commission (FWC) atau Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida bekerja sama dengan Departemen Kesehatan Florida melakukan penelitian untuk menjadikan ular piton sebagai konsumsi rumah tangga atau restoran.Tujuan dari penelitian adalah mengembangkan dan berbagi mengenai saran konsumsi piton Burma kepada masyarakat. Saat ini proses penelitian adalah melihat nilai merkuri yang terkandung didalam ular piton tersebut.Harapannya agar masyarakat Florida dapat segera memakan ular piton dan membantu mengelola populasinya.Hal ini dilakukan karena populasi ular piton telah menimbulkan masalah serius bagi satwa liar di wilayah tersebut.Ular piton yang muncul di Florida berjenis ular piton Burma. Spesies tersebut bukan hewan asli negara bagian Florida. Reptil ini muncul pertama kali di daerah Everglades pada tahun 1980an.Sebelumnya FWC mendorong penduduk Florida untuk memindahkan atau membunuh ular tersebut kapan saja bila mereka menemukannya dan melaporkan keberadaan ular tersebut kepada petugas.Hingga saat ini setidaknya 6.000 ekor ular piton sudah dimusnahkan dari Everglades melalui program tersebut.

Daging Piton Dibuat Dendeng

Donna Kalil pemburu wanita pertama dalam program pemindahan ular piton di Florida mengatakan jika ular piton aman untuk dimakan dan terasa sangat lezat.Kalil telah menangkap setidaknya 473 ular piton dan mengolahnya menjadi dendeng."Ini akan menjadi cara yang bagus untuk membuat lebih banyak orang terlibat dalam membantu kami menyingkirkan ular piton dari lingkungan. Akan sangat baik bagi orang-orang untuk berburu dan memakannya tetapi kami harus memastikan mereka aman terlebih dahulu." Menurut Kalil.FWC menekankan risiko yang ditimbulkan ular piton terhadap satwa liar Florida dan kerusakan parah yang telah mereka timbulkan pada ekosistemnya. Ular piton besar bahkan bisa memakan mangsa besar, termasuk manusia. CNN