Selain Vaksin China Sinovac, ini 5 Merk Vaksin Lain yang Ditetapkan Pemerintah RI

sinovac
sinovac (Foto : )
Selain vaksin Sinovac yang didatangkan dari China dan sudan sudah tiba di tanah air sebanyak 1,2 juta dosis tadi malam, ada beberapa merk vaksin lagi yang ditetapkan pemerinta RI untuk diberikan ke masyarakat. Total ada 6 merk vaksin, salah satunya vaksin merah putih buatan dalam negeri.
Selain vaksin Sinovac, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menetapkan 6 jenis vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi corona virus disease 2019 (COVID-19). Penetapan itu tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor H.K.01.07/Menkes/9860/2020.Dalam surat keputusan yang diteken Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto tertanggal 3 Desember 2020, ditetapkan 6 jenis vaksin COVID-19 untuk Indonesia, yang diproduksi oleh  PT Bio Farma (Persero), AstraZeneca,  China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Moderna, Pfizer Inc and BioNTech, dan Sinovac Biotech Ltd.
1. Bio Farma (Vaksin Merah Putih) Bio Farma merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang merupakan produsen vaksin dan antisera dalam negeri. Bio Farma terlibat dalam proyek pengadaan dan pengembangan vaksin COVID-19. Sementara ini, Indonesia menempuh dua jalur pengadaan vaksin COVID-19. Pertama, menjalin kerjasama pengadaan dan pengembangan vaksin COVID-19 antara Bio Farma dengan perusahaan vaksin asal China, Sinovac.Kedua, pengadaan vaksin COVID-19 dalam negeri dengan nama 'Vaksin Merah Putih'  yang tengah dikembangkan sejumlah peneliti Indonesia. Mereka atau konsorsium lembaga itu terdiri dari Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman dan perusahaan farmasi milik negara, Bio Farma.Vaksin Merah Putih ditargetkan bakal diproduksi sekitar triwulan IV di tahun 2021 atau selambat-lambatnya diproduksi dan digunakan pada tahun 2022 mendatang.