Southampton vs Newcastle United 2-0, The Saint Rasakan Pimpin Liga Inggris

Southampton vs Newcastle 2-0 gol Che Adams dan Stuard Armstrong
Southampton vs Newcastle 2-0 gol Che Adams dan Stuard Armstrong (Foto : )
Southampton vs Newcastle United 2-0, The Saint rasakan pimpin Liga Inggris. Southampton berhasil ke puncak klasemen Premier League usai membekuk Newcastle United 2-0, sekaligus menggusur Liverpool.
Southampton untuk pertama kalinya merasakan duduk di puncak tangga klasemen sementara Liga Inggris seusai menundukkan Newcastle United 2-0 dalam laga pekan kedelapan Liga Premier yang berlangsung di Stadion St. Mary's, Sabtu 7 November 2020.Menurut catatan laman resmi Liga Inggris, Southampton untuk pertama kalinya berhasil memuncaki klasemen Liga Premier Inggris. Southampton bahkan berhasil menggusur pimpinan klasemen sementara Liverpool ke peringkat kedua.Southampton untuk sementara menggusur Liverpool dari puncak klasemen, sebab meskipun sama-sama mengoleksi 16 poin, The Saints punya keunggulan selisih gol berupa surplus tiga dibandingkan surplus dua milik The Reds. Namun Liverpool masih menyisakan satu pertandingan Minggu malam melawan tuan rumah Manchester City.
Babak Pertama Southampton vs Newcastle United Absennya mesin gol utama Southampton, Danny Ings, yang harus menepi hingga enam pekan karena cedera lutut, berhasil ditutupi Che Adams dan Stuart Armstrong yang mencetak dua gol kemenangan The Saint atas Newcastle United.Pelatih Southampton Ralph Hasenhuettl memainkan pola 3-4-2-1 dengan menurunkan striker Che Adams sebagai ujung tombak tunggal. Che Adams mendapat dukungan dari dua gelandang serang Theo Walcott dan Stuart Armstrong untuk membongkar pertahanan Newcastle United.Sejak kick off babap pertama dimulai, tim besutan Ralph Hasenhuettl langsung keluar menekan lini pertahanan tamunya. Southampton membuka keunggulan saat laga baru berjalan tujuh menit, setelah Theo Walcott mengirim umpan silang yang diselesaikan dengan tendangan voli keras oleh Che Adams. Skor berubah 1-0 untuk Southampton.Tiga menit menjelang turun minum, Theo Walcott hampir mencetak gol kedua untuk Southampton, tetapi tembakan melengkungnya masih melayang di sisi kanan gawang Newcastle United yang dikawal kipper Karl Darlow. Skor 1-0 untuk keunggulan Southampton bertahan hingga istirahat babak pertama.  Babak Kedua Southampton vs Newcastle United Memasuki babak kedua Southampton melakukan serangan yang deras ke arah pertahanan Newcastle dengan tensi tinggi.  The Saint mendapatkan peluang dari tetapi tembakan Jan Bednarek, namun bola masih bisa disapu oleh stopper Newcastle United Jamaal Lascelles.Southampton kembali menggempur pertahanan Newcastle, kali ini tendangan jarak jauh Oriol Romeu berhasil ditepis oleh kiper Karl Darlow dan bola membentur ke mistar gawang Newcastle United.Newcastle tak bisa berbuat banyak untuk melakukan ancaman ke gawang Southampton. Justru gawang mereka kembali kebobolan pada menit ke-82. Kali ini serangan Southampton beradal dari Stuart Armstrong yang berusaha merebut bola dari Sean Longstaff. Armstong berhasil mendapatkan bola dan melepaskan tembakan keras dengan penyelesaian brilian untuk menggandakan keunggulan Southampton. Skor berubah 2-0 untuk The Saint.Empat menit jelang bubaran Newcastle hampir membalas, ketika Joelinton menyambut umpan silang Jamal Lewis dengan tandukan tajam tetapi kiper Alex McCarthy mengamankan gawang tuan rumah.Liga Inggris akan memasuki jeda internasional selama dua pekan setelah ini, sebelumnya Southampton dijadwalkan akan melawat ke markas Wolverhampton Wanderers sementara Newcastle United giliran menjamu Chelsea.