Mural Mendiang Paus Yohanes Paulus II di Gedung Apartemen

Mural Mendiang Paus Yohanes Paulus II di Gedung Apartemen
Mural Mendiang Paus Yohanes Paulus II di Gedung Apartemen (Foto : )
Paus Yohanes Paulus II telah wafat dan dinyatakan resmi oleh Vatikan melalui Paus Fransiskus sebagai Santo atau orang suci. Sri Paus dari Polandia yang bernama asli 
Karol Józef Wojtyła ini
memimpin Gereja Katolik Roma dari 1978 sampai 2005. Berbagai cara dilakukan orang Polandia untuk mengenang Karol Józef Wojtyła, Sri Paus dari negeri mereka.Pada April 2015, otoritas Polandia akan membuka museum Paus Yohanes Paulus II dalam minggu ini. Museum multimedia di selatan Kota Wadowice itu akan memaparkan cerita kehidupan Paus asal Polandia itu.Di museum ini ada tayangan saat terpilihnya Wojtyla menjadi Paus pada 1978 dan masa 26 tahun menjadi Paus. Juga ada pistol yang digunakan Mehmet Ali Agca saat menembak  Paus Yohanes Paulus II pada 1981 silam.Mereka juga mendirikan patung Paus Yohanes Paulus II setinggi 13,8 meter. Dibuat dari fiber dan berdiri di Czestochowa, salah satu kota yang menjadi lokasi ziarah terpenting bagi umat Katolik Polandia. Lokasi ziarah ini dikenal dengan Jasna Gora.Masih banyak lagi termasuk sebelumnya, pada 18 Mei 1984, atas bantuan Monsinyur Kazimierz Suder, rumah keluarga Paus Yohanes Paulus II dibuka untuk umum dan dijaga oleh Suster Magdalena Strzelecka, dari Biarawati Nazarene.Pada 12 April 2010, atas kerjasama antara Keuskupan Krakow, Menteri Kebudayaan dan Warisan Nasional, propinsi Malopolska, dan kotamadya Wadowice, Museum Keluarga Paus Yohanes Paulus II didirikan. Mural Mendiang Paus Yohanes Paulus II di Gedung Apartemen Kini yang paling baru, bulan Oktober 2020 ini, adalah lukisan mural di sebuah gedung apartemen 30 lantai.https://twitter.com/lucjuszn/status/1317149590576074759Karol Józef Wojtyła resmi menyandang nama Paus Yohanes Paulus II setelah dilantik ketika berusia 58 tahun pada 1978. Beliau adalah Paus non-Italia pertama sejak Paus Adrianus VI (1522-1523).Paus Yohanes Paulus II memerangi komunisme, kapitalisme yang berujung penindasan politik. Beliau juga dengan tegas melawan aborsi dan memperjuangkan pendekatan Gereja Katolik Roma yang lebih tradisional terhadap urusan seksualitas.Paus Yohanes Paulus II telah melakukan lawatan ke lebih dari 130 negara termasuk ke Indonesia selama menjadi Paus dan menjadi pemimpin dunia yang paling banyak melawat dalam sejarah.

Pada tahun 1989, Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Indonesia. Kota-kota yang dikunjunginya adalah Jakarta, Medan, Yogyakarta dan Dili (Timor-Timur kini Timor L'este).