Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Senilai Rp12,18 Triliun

jalan tol dumai pekanbaru dumai2
jalan tol dumai pekanbaru dumai2 (Foto : )
Presiden Jokowi meresmikan ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai secara virtual. Proyek yang merupakan bagian dari tol lintas Sumatera ini menelan biaya Rp12,18 triliun.
Mengingat pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan tol Pekanbaru-Dumai secara virtual dari Istana Bogor, Jumat (25/9/2020).Dalam sambutannya, Jokowi menyebut proyek jalan yang menghabiskan anggaran hingga Rp12,18 triliun ini sudah dapat digunakan untuk berbagai kegiatan produktif.Tol Pekanbaru-Dumai, sambung Jokowi, merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer. Tol ini membentang dari Lampung hingga Aceh.[caption id="attachment_378890" align="alignnone" width="900"]
Jokowi meresmikan tol Pekanbaru-Dumai secara virtual (Foto: BPMI)[/caption]Lewat jalan tol ini akan meningkatkan konektifitas antara Pekanbaru dengan Dumai sebagai kota pelabuhan yang memiliki sentra industri dan agribisnis.Jalan tol ini akan memperpendek jarak tempuh, yaitu bila melewati jalan nasional harus menempuh jarak 200 kilometer kini dengan tol menjadi 131,5 kilometer.Mantan Wali Kota Solo ini menyebut, truk-truk pengangkut sawit, angkutan logistik dan penumpang akan lebih efisien dari segi waktu dan biaya. Dikatakan, keberadaan jalan tol sudah mengundang investor untuk membuka kawasan industri, perumahan, dan pariwisata.Ditambahkan, tumbuhnya sentra-sentra ekonomi baru akan meningkatkan aktifitas wilayah dan membuka lapangan kerja lebih banyak lagi.