5 Berlian Biru Paling Langka dan Super Mahal Ditemukan di Afrika Selatan

5 Berlian Biru Paling Langka dan Super Mahal Ditemukan di Afrika Selatan
5 Berlian Biru Paling Langka dan Super Mahal Ditemukan di Afrika Selatan (Foto : )
Sebuah tambang berlian di Afrika Selatan mengumumkan penemuan 5 berlian biru, yang termasuk paling langka dan mahal di dunia.
Tambang berlian di Afrika Selatan pada Rabu (16/9/2020) mengumumkan telah menemukan 5 berlian biru, yang termasuk paling langka dan mahal di dunia.
Petra Diamonds Limited menerangkan, berlian itu ditemukan setelah penggalian 1 minggu di tambang Cullinan, sekitar 40 kilometer di timur ibu kota administratif Pretoria.Kelima batu itu bersifat terpisah, bukan bagian dari berlian besar, dan ukurannya berkisar antara 9,61-25,75 karat.“Berlian biru sangat langka sehingga tidak ada statistik resmi mengenai penemuannya,” kata Petra dalam pernyataan yang dikutip kantor berita AFP. Mereka juga mencatat, “tidak biasa” menemukan “lima batu berkualitas tinggi di saat yang bersamaan.Menurut perusahaan tersebut, tambang Cullinan adalah salah satu sumber berlian biru terpenting di dunia. Sebelum ini, penemuan besar terakhir adalah berlian biru 20,08 karat yang ditemukan di sana pada September 2019 dan dijual seharga 14,9 juta dollar AS (Rp 221,3 miliar) ke pembeli anonim.Petra mengatakan, pihaknya “tetap  melakukan penjualan yang fleksibel” untuk penemuan terbarunya, dan “masih mengevaluasi cara optimal untuk memasarkan batu-batuan itu”.Grup perusahaan tersebut memiliki tiga tambang di Afrika Selatan dan satu di Tanzania. Mereka disebut sedang dililit utang dan diterpa penurunan harga berlian, bahkan sejak sebelum pandemi corona menutup perdagangan berlian secara global.