Begini Tampilan Pesawat Air Force One Masa Depan, Kecepatan Mach 5

air force one future
air force one future (Foto : )
Pesawat Air Force One Amerika Serikat masa depan akan tampil dengan kecepatan supersonik. Kecepatannya dapat mencapai Mach 5 atau lima kali kecepatan suara.
Pesawat kepresidenan Amerika Serikat (AS), Air Force One, saat ini menggunakan jenis pesawat Boeing 747. Kecepatan pesawat jet bermesin empat ini sekira 900 kilometer per jam.Namun di masa datang, Air Force One akan menggunakan pesawat supersonik. Kecepatannya dapat mencapai Mach 5 atau lima kali kecepatan suara, setara dengan 6.174 kilometer per jam.Dengan kecepatan itu,  penerbangan  New York-London yang biasanya ditempuh dalam waktu 7,5 jam, dapat dipangkas menjadi cukup 90 menit saja.Kemungkinan Air Force One menggunakan jenis pesawat supersonik karena sebuah perusahaan rintisan bernama Exosonic mendapat kontrak dari Direktorat Pesawat Kepresidenan dan Angkut Eksekutif (PE) AS.Meski tidak disebutkan untuk kebutuhan Air Force One, dalam kontrak itu Exosonic diminta mengembangkan pesawat supersonik eksekutif.Saat ini Exosonic sedang membuat pesawat supersonik bermesin dua dengan kecepatan Mach 1,8.Selain Exosonic, pada bulan lalu,  Angkatan Udara AS dan PE juga menggandeng Hermeus, sebuah perusahaan yang bermarkas di Atlanta, untuk mengembangkan pesawat supersonik eksekutif dan kepresidenan yang memiliki kecepatan Mach 5.Saat ini Hermeus sedang membuat pesawat supersonik 20 kursi yang memiliki kecepatan mencapai Mach 5.

Sistem Low-Boom

Kecepatan pesawat Exosonic memang masih kalah dari pesawat rancangan Hermeus.Namun Exosonic menawarkan pesawat yang memiliki kapasitas angkut lebih banyak dan tidak menimbulkan dentuman suara saat terbang supersonikIni dimungkinkan karena Exosonic menggunakan sistem low-boom, sehingga tidak mengganggu mereka yang ada di daratan."Masa depan perjalanan penumpang adalah penerbangan low-boom