Viral Minibus Halangi Ambulans Hingga Pasien Anak Meninggal, Begini Faktanya

mobil ambulans garut
mobil ambulans garut (Foto : )
Viral minibus halangi ambulans di Garut, Jawa Barat. Akibatnya pasien kritis, anak 6 tahun yang dibawa ambulans itu meninggal dunia. Curahan hati atau curhat seorang warganet yang menceritakan ambulans sedang membawa pasien anak, dihalangi minibus di Garut jadi viral di dunia maya.Akibatnya, ambulans jadi terlambat sampai ke rumah sakit hingga membuat pasien anak meninggal dunia. Berikut sederet faktanya.

Membawa Pasien Kritis Anak 6 Tahun

Seorang warga bernama Muhammad Fauzi (20) menceritakan kronologi ambulans dihalangi minibus lewat akun media sosialnya hingga jadi viral di dunia maya.Menurutnya, ini terjadi pada Jumat (14/8/2020) lalu saat ambulans sedang membawa pasien anak berusia 6 tahun ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Slamet, Garut.
Fauzi mengatakan, saat itu ia melintas dari Bandung menuju Garut. Ketika berada di Leles, ia melihat ambulans sedang membawa pasien kritis sehingga sukarela menjadi pengawal di depan ambulans.

Dihalangi Minibus

Seperti dilansir Viva.co.id,  Fauzi mengatakan, awalnya perjalanan ambulans berjalan lancar. Namun saat melewati kawasan Pasir Bajing, Kecamatan Banyuresmi, di depan ambulans terdapat minibus jenis Toyota Kijang.Bukannya memberikan jalan, sopir mobil tersebut malah tancap gas seperti mau balapan.Menurut Fauzi, setelah beberapa kali dipepet hingga kawasan Tarogong, Garut, barulah minibus itu menepi.Namun gara-gara perjalanan terhambat, si anak terlambat tiba di rumah sakit hingga akhirnya meninggal dunia.

Dikecam Pemkab Garut

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman membenarkan ada ambulans yang sedang membawa pasien kritis malah dihalangi oleh pengguna jalan lainHelmi mengucapkan belasungkawa kepada keluarga atas kejadiaan ini. Menurutnya, apa yang dilakukan pengendara minibus itu sudah melanggar aturan berlalu lintas.Karena itu Helmi mengimbau masyarakat memberi prioritas kepada kendaraan-kendaraan tertentu, termasuk ambulans di jalanan."Saya mengimbau masyarakat untuk mengikuti aturan di jalan. Ada beberapa kendaraan yang harus diprioritaskan, salah satunya ambulans. Mudah-mudahan tidak terulang lagi," katanya.Sementara pihak kepolisian juga sedang pengemudi mobil Kijang yang sengaja menghalangi perjalanan ambulans.
Taufiq Hidayah I Garut, Jawa Barat