Atasi Cegukan Saat Puasa, Tanpa Minum Ikuti Saran Ini....

cegukan pexels-photo-
cegukan pexels-photo- (Foto : )
Cegukan bukanlah kondisi yang membahayakan, namun bisa sangat mengganggu, apalagi saat sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan.
Cegukan pasti pernah dialami oleh hampir semua orang, dan kebanyakan orang mengatasinya dengan minum air. Bagaimana halnya bila cegukan terjadi saat berpuasa?Jangan khawatir cegukan bisa diatasi tanpa minum air.Seperti dilansir dari laman Hello Sehat, ada 4 cara menghilangkan cegukan saat berpuasa tanpa harus membatalkan puasa.
  1. Tahan napas
Ambil napas dalam dengan hidung, kemudian tahan napas selama kira-kira sepuluh detik. Lalu embuskan napas pelan-pelan dan ulangi lagi sampai tiga atau empat kali. Ulangi setiap dua puluh menit bila cegukannya belum hilang.
  1. Bernapas dalam kantong kertas
Siapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat. Tempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidung. Pastikan mulut dan hidung sudah tertutupi oleh kantong kertas, lalu, bernapaslah di dalam kantong tersebut.Tanpa disadari, saat menghirup karbon dioksida, otot-otot diafragma yang tadinya berkontrasi tersebut pun akan kembali melemas. Catatan, jangan pakai kantong plastik karena justru akan menempel di mulut dan hidung ketika mengambil napas.
  1. Duduk memeluk lutut