Trik Membuat Tampilan Warna Foto yang Unik dan Indah

Trik Membuat Tampilkan Warna Foto yang Unik dan Indah (ANTV/FathulBahri)
Trik Membuat Tampilkan Warna Foto yang Unik dan Indah (ANTV/FathulBahri) (Foto : )
Foto infrared dan false color menampilkan foto dengan tampilan warna foto yang unik dan indah serta tidak biasa. Warna yang enak dipandang dan berbeda dengan apa yang kita lihat dengan hasil jepretan kamera.
Menghasilkan foto dengan cara baru dan tidak biasa, akan menjadi ide yang menarik dalam genre fotografi. Salah satunya membuat foto dengan teknik infrared dan false color.Infrared, adalah foto yang menangkap cahaya yang tidak terlihat oleh mata normal manusia (IR dan UV). Secara terminologi cahaya IR itu berada pada spektrum 700-1200nm (nanometer). Foto IR lebih banyak digunakan untuk fotografi landscape.Sedangkan cahaya yang ditangkap mata normal manusia (visible light) berada pada spektrum 400-700nm. Seperti warna kulit, warna langit, warna daun dan lain-lain yang direkam dengan kamera normal.Foto false color (salah warna) adalah, gabungan dari kedua hal tersebut, yaitu foto yang merekam cahaya yang terlihat dan tidak terlihat. false color hanya merubah beberapa hal saja dan warna tidak mono seperti foto infrared. False color lebih banyak digunakan untuk foto potrait model.
Bagaimana jika ingin memotret dengan teknik infrared & false color? Konversi/Oprek Kamera Mengkonversi atau oprek kamera ke infrared bisa memberikan hasil yang sangat bagus. Kamera digital sekarang memiliki filter inframerah (hot mirror) pada sensor dan filter ini memblokir informasi inframerah. Jika Anda ingin mengambil foto inframerah dengan kamera digital biasa, Anda mungkin harus menghapus filter ini.Opsi ini tidak disarankan tetapi jika Anda memiliki beberapa body kamera dan Anda benar-benar ingin masuk ke fotografi IR, Anda dapat melakukan pilihan ini.Kelebihannya mengkonversi kamera menjadi kamera infrared adalah penggunaannya normal seperti penggunaan kamera biasa, seperti pemilihan kecepatan rana misalnya.Kekurangannya karena membongkar kamera, dan tentunya harus mengeluarkan biaya yang relatif mahal. dan membatalkan garansi kamera. Menggunakan Filter R72 atau sejenis Selain mengkonversi kamera, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk bisa memotret infrared & false color adalah menggunakan filter infrared seperti Hoya R72 misalnya.Kelebihan dari cara ini adalah Anda tidak perlu membongkar kamera. Kekurangannya adalah penggunaan tidak bisa seperti kamera biasa karena shutter speed harus dikurangi hingga hitungan 1-10 detik atau sekitar itu, sehingga sulit jika Anda ingin membuat foto dengan efek