Tim Putra Indonesia Cetak Hattrick di BATC 2020, Dalam Bayangan Virus Corona

(BATC 2020) Tim putra Indonesia juara, dalam situasi penyebaran Virus Corona
(BATC 2020) Tim putra Indonesia juara, dalam situasi penyebaran Virus Corona (Foto : )
Tim putra Indonesia berhasil mencetak gelar hat-trick kejuaraan Badminton Asia Team Championships 2020 (BATC 2020). Dalam babak final yang berlangsung di stadion Rizal Memorial, Manila, Fipilina, Minggu 16 Februari 2020, tim putra Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1.
Prestasi gemilang yang dicetak tim putra Indonesia dengan memenangkan kejuaraan beregu Asia menjadi lebih istimewa di tengah situasi ancaman penyebaran virus Corona. Dalam situasi seperti ini, seharusnya kejuaraan ini dibatalkan tapi akhirnya tetap berjalan dengan syarat tanpa penonton.BATC 2020 memang diselenggarakan dengan ketentuan di luar kebiasaan. Hal ini terkait dengan ancaman penyebaran virus Corona nCoV. Beberapa ketentuan tersebut diantaranya adalah para pemain diberi kelonggaran untuk tidak bersalaman dengan lawan, wasit dan hakim servis.Kemudian acara
welcome dinner pun ditiadakan untuk menghindari kegiatan berkumpul. Turnamen ini juga tidak dapat ditonton masyarakat umum, mereka yang diizinkan masuk stadion hanya panitia, pemain, ofisial dan undangan khusus. Hal ini juga untuk menghindari kegiatan berkumpul.Para pemain seperti Hendra Setiawan, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian pun tak luput harus melewati prosedur pengukuran suhu badan dan pemberian antiseptik di tangan. Ini merupakan standard yang ditetapkan pemeritah Filipina guna menghambat penyebaran virus Corona nCoV yang tengah mewabah di sejumlah negara.Indonesia merupakan satu-satunya negara yang bisa tiga kali berturut-turut menjadi juara Asia. Tapi kita tidak boleh terlena karena akan ada event yang lebih besar seperti All England, Piala Thomas dan Uber 2020 serta olimpiade Tokyo 2020.