Yoga Tidur (Nidra) untuk Ketenangan dan Tidur Lebih Nyenyak

Yoga Tidur (Nidra) untuk Ketenangan dan Tidur Lebih Nyenyak
Yoga Tidur (Nidra) untuk Ketenangan dan Tidur Lebih Nyenyak (Foto : )
Yoga Tidur (Nidra) memiliki manfaat yang luar biasa untuk menghadirkan ketenangan pikiran, kesehatan tubuh dan kualitas tidur yang paripurna.
Yoga identik dengan olah tubuh berupa gerakan-gerakan tertentu yang disinkronkan dengan pernafasan. Ada berbagai jenis yoga yang berkembang dewasa ini, sebut saja Hatha Yoga, Ashtanga Yoga, Power Yoga hingga Vinyasa Yoga. Ada satu jenis yoga yang jarang diketahui orang, yaitu Yoga Nidra atau juga dikenal dengan yoga tidur. Berbeda dengan yoga pada umumnya yang memiliki serangkaian gerakan fisik, Yoga Nidra hanya menggunakan satu posisi tubuh saja.Yoga tidur atau Yoga Nidra berusaha menggabungkan relaksasi yang mendalam dengan kesadaran penuh untuk menjelajahi keadaan terjaga, bermimpi dan tidur. Praktik yoga jenis ini menggabungkan posisi tubuh yang sangat sederhana, dengan konsentrasi dan meditasi. Yoga Nidra sangat disukai karena mudah dan dapat dipraktikkan oleh siapa saja. Gerakan dalam yoga unik ini, cukup dilakukan dengan posisi tidur terlentang selama 30-40 menit.Yoga Tidur (Nidra) sangat erat kaitannya dengan kualitas tidur yang baik, karena yoga ini mampu membawa gelombang otak masuk ke fase terdalam pikiran. Saat berlatih Yoga Nidra, otak kita ditenangkan sehingga berpindah dari fase alam sadar ke fase tidur. Latihan ini mampu membuat praktisi Yoga Nidra benar-benar merasakan tubuh serta pernafasannya. Tujuan utamanya adalah merangsang efek relaksasi.Berikut manfaat Yoga Nidra: Merangsang Produksi Melatonin Saat berlatih Yoga Nidra, kita dituntun untuk fokus pada mata ke-3 (titik tengah diantara kedua alis). Di balik titik ini, terdapat kelenjar pineal yang dapat menghasilkan hormon melatonin. Jika distimulasi dengan baik, hormon ini sangat bermanfaat untuk mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, mempercepat proses penyembuhan, dan menghambat proses penuaan tubuh.
Memberikan Efek Seperti Habis Tidur Pulas Meski bukan pengganti tidur, melakukan Yoga Nidra selam 30 menit saja sudah memberikan efek yang menyegarkan sama seperti tidur lelap selama 3 jam. Hal ini dimungkinkan karena terjadinya rangkaian perubahan gelombang otak akibat efek meditatif dari Yoga Nidra. Untuk Kesehatan Fisik dan Psikis