Januari 2020, Penerbangan Domestik Dialihkan ke Bandara Baru Yogyakarta

yia1
yia1 (Foto : )
Pembangunan bandara baru Yogyakarta sudah mencapai 88 persen. Dijadwalkan pada Januari 2020 seluruh penerbangan domestik dialihkan dari Bandara Adisucipto ke bandara ini.
Ditargetkan pada akhir 2019, pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang berada di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta akan rampung.
Pelaksana tugas sementara GM Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan pembangunan bandara berjalan sesuai rencana. Saat ini fokus pengerjaan terdapat di terminal lantai tiga. Nantinya bandara ini dapat menampung 20 juta penumpang per tahun.
[caption id="attachment_250049" align="alignnone" width="900"] YIA diproyeksi dapat menampung 20 juta penumpang per tahun (ANTV/Ari Wibowo)[/caption]
Sejauh ini baru lima maskapai yang memindahkan penerbangan ke YIA dengan 15 jadwal penerbangan setiap hari.  Pada Januari 2020, seluruh penerbangan domestik di Bandara Adisucipto akan dialihkan ke bandara ini. Sedangkan penerbangan internasional akan dialihkan pada April 2020.
[caption id="attachment_250048" align="alignnone" width="900"] YIA dapat menampung pesawat berbadan lebar seperti Airbus A330 milik Garuda Indonesia (ANTV/Ari Wibowo)[/caption]
Bandara yang memiliki panjang landasan pacu 3.250 meter ini dapat didarati pesawat berbadan lebar sekelas Boeing 777. Sehingga penerbangan umrah atau haji dapat diberangkatkan dari bandara ini.