Fakta Menarik Tentang Tangkuban Parahu

Kondisi Tangkuban Parahu 1
Kondisi Tangkuban Parahu 1 (Foto : )
Newsplus.antvklik.com
- Erupsi Gunung Tangkuban Parahu pada Jumat (26/07/2109) sore sempat membuat panik warga dan pengunjung. Apalagi abu vulkaniknya membumbung  hingga  200 meter dari puncak.  Pasca erupsi, gunung ini akhirnya ditutup sementara untuk umum. Dan berikut sederet fakta menarik tentang Tangkuban Parahu.

Tempat Wisata

Merupakan tempat wisata dengan pemandangan alam menarik. Terdapat tiga kawah besar, yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas dan Kawah Upas. Tiket masuknya bervariasi, pada hari biasa, tiket dijual Rp20 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp200 ribu untuk wisatawan mancanegaraSelain menawarkan pemandangan alam yang menarik, para pengunjung Gunung Tangkuban Parahu juga dapat menunggang kuda. Sementara para pedagang menawarkan buah dan souvenir khas setempat.

Legenda Sangkuriang

Tangkuban Parahu tak bisa dipisahkan dari legenda Sangkuriang. Dikisahkan Sangkuriang jatuh cinta dengan ibunya Dayang Sumbi. Tak ingin dinikahi sang anak, Dayang Sumbi meminta Sangkuriang membuat perahu dan telaga dalam waktu satu malam.Permintaan Dayang Sumbi gagal dilakukan. Sangkuriang marah. Ia menendang kapal buatanya hingga jatuh tertungkup. Perahu ini berubah menjadi gunung.  Perahu yang tertelungkup dapat dilihat dari bagian selatan gunung.

Gunung Aktif