Riyad Mahrez Bawa Timnas Aljazair Juara Piala Afrika 2019

aljaz-4
aljaz-4 (Foto : )

newsplus.antvklik.com - Penyerang Manchester City, Riyad Mahrez sukses membawa Timnas Aljazair meraih Juara Piala Afrika 2019, setelah di laga final yang berlangsung, di Stadion Internasional Kairo, Mesir, Jum at malam atau Sabtu dinihari (20/7) sukses mengalahkan Senegal 1-0. Gol tunggal kemenangan tercipta di babak kedua, lewat Baghdad Bounedjah.

Gol berawal saat penyerang Klub Al Saad, di Liga Qatar itu menggiring bola dari sayap kanan pertahanan Senegal. Bounedjah melepaskan tendangan keras, kemudian membentur pemain belakang Senegal, bola melambung masuk gawang mengelabuhi Kiper Senegal, Alfred Gomis.  Ekspresi kegembiraan para pemain Aljazair merayakan trofi Juara Piala Afrika 2019. Pesta juara kedua setelah tahun 1990.

Selepas gol ini, Senegal yang dimotori oleh Penyerang Liverpool, Sadio Mane dan duo bomber Klub Rennes, Ismaila Sarr serta M Beye Niang, bangkit bahkan mengurung pertahanan Aljazair. Berdasarkan catatan Whoscored, Senegal mampu menguasai bola sebanyak 62%. Ada 12 tembakan yang dilepaskan dengan tiga yang mengarah ke gawang.

Sementara Aljazair hanya menguasai bola sebanyak 38%. Namun satu satunya tembakan yang mengarah ke gawang menjadi gol. Sujud syukur bersama, selebrasi kompak di akhir laga, setelah Timnas Aljazair akhirnya juara meski semula kurang diunggulkan.[/caption] Strategi bermain bertahan “Parkir Bus” Aljazair yang hanya sesekali melakukan serangan balik, membuat para pemain Senegal kesulitan, frustasi, dan kehilangan cara menembus pertahanan Aljazair. Wasit Neant Alioum sempat memberikan hadiah penalti untuk Senegal di menit ke-60.

Pemain Senegal yang bermain di Rennes, Ismaila Sarr mengirim umpan ke Sadio Mane, namun bola dianggap mengenai tangan Adlene Guedioura. Keputusan wasit berubah, setelah melihat rekaman di Video Assistant Referee (VAR), hukuman penalti dibatalkan sempat membuat pemain Senegal kecewa. Peluang emas Senegal yang membombardir Aljazair terjadi lagi menit ke-68.

Tembakan pemain Bordeaux, Youssouf Sabaly dari luar kotak penalti masih berhasil ditepis kiper Aljazair. Meski menguasai jalannya pertandingan, serangan-serangan beruntun Senegal senantiasa gagal menembus gawang Aljazair. Skor 1-0 tak berubah hingga pertandingan, Aljazair juara Piala Afrika 2019. Ini gelar kedua, sepanjang keikutsertaan di Piala Afrika setelah tahun 1990.

Sementara Senegal yang tengah berjuang meraih juara untuk pertama kalinya, kembali gagal setelah mereka juga kalah dari Kamerun di Final Piala Afrika  Tahun 2002 lalu.Juara Piala Afrika 2019, jadi rekor spesial buat Riyad Mahrez. Ini trofi kelima Mahrez selama musim 2018-2019, setelah Community Shield, Liga Primer Inggris, Piala FA, dan Piala Liga bersama Manchester City.