Bikin Ketagihan! 12 Makanan Khas Sunda dari Ringan Hingga Berat

Makanan Khas Sunda (Foto : Freepik/ Ikarahma)

AntvMakanan khas Sunda menjadi salah satu ragam kuliner Nusantara yang menarik untuk dikulik. Bagaimana tidak, bumi Parahyangan memang menyimpan berbagai macam kudapan lezat yang sayang untuk dilewatkan.

Kuliner Sunda juga tersebar di seluruh daerah di Jawa Barat, tak hanya sebatas kota Bandung saja. Maka dari itu, ada banyak sekali makanan khas yang menarik. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan.

Banyaknya makanan khas yang tersebar di seluruh wilayah di Jawa Barat membuat tanah Sunda kerap disebut sebagai surga wisata kuliner. Nah, apa saja sih kuliner Jawa Barat yang menarik untuk dicoba?

Berikut ini deretan makanan khas Sunda, mulai dari yang berat hingga ringan yang dijamin bikin ketagihan.

Makanan Berat Khas Sunda

1. Nasi Timbel

Nasi timbel. (Foto: Freepik/ Ikarahma)

 

Nasi timbel atau sangu timbel adalah salah satu makanan khas Sunda yang sedap dan populer. Kuliner yang satu ini merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. 

Mulanya, nasi timbel merupakan hidangan yang disiapkan untuk bekal para petani dan dimakan saat istirahat. Akan tetapi, kini popularitas nasi timbel semakin meluas dan disantap oleh banyak orang di berbagai kalangan.

Nasi timbel disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk seperti ayam goreng, ikan goreng, ikan asin, tahu, tempe, empal, pepes ikan, lalapan segar, dan dilengkapi dengan sambal terasi khas Sunda yang menggungah selera.