Suguhkan Ragam Budaya, 10 Tempat Wisata di Medan Wajib Dikunjungi

Masjid Raya Al-Mashun (Foto : Instagram @almashun.archives)

Antv – Tempat wisata di Medan sangat indah banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi untuk menemani waktu libur. Sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara, Medan menjadi pusat pemerintahan yang terbagi menjadi 21 kecamatan dan luas total mencapai 26.510 Hektare.

Medan juga dikenal sebagai kota yang memiliki berbagai tempat wisata indah yang bisa dikunjungi. Berbagai objek wisata dapat ditemui di sana, mulai dari yang terbaru, tengah populer, atau yang sudah ada sejak lama.

Di Kota Medan, pengunjung bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata. Mulai dari tempat wisata alam, perbukitan, taman bunga, bangunan kekinian, bangunan bersejarah, masjid, dan masih banyak tempat yang lainnya lagi. Selain itu, Kota Medan dikenal juga sebagai salah satu kota dengan ragam perbedaan namun tetap berdampingan. 

Hal tersebut disebabkan karena Medan memiliki berbagai jenis etnis, mulai dari Batak, Jawa, Melayu, Tionghoa, serta etnis yang lainnya. Kota Medan juga sebagai salah satu kota dataran rendah dan sebagai pertemuan dua sungai, yakni Sungai Babura dan Sungai Deli. 

Lalu tempat wisata apa sajakah yang ada di Medan ini? Melanjir dari VIVA, berikut adalah 10 tempat wisata di Medan yang suguhkan nuansa indah dan wajib untuk kamu kunjungi. 

1. Masjid Raya Al-Mashun

Masjid Raya Al-Mashun. (Foto : Instagram @almashun.archives)

Tempat wisata pertama yang bisa kamu kunjungi yakni Masjid Raya Al-Mashun. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Ma'mun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah (1873-1942). Peletakan batu pertama pada 21 Agustus 1906. 

Pembangunan masjid ini memakan waktu sampai tiga tahun dan selesai pada 10 September 1909. Masjid Raya Al-Mashun mempunyai luas sekitar 1 hektar dan memiliki satu bangunan utama dan tiga bangunan pelengkap. 

Bangunan pendukung dari masjid ini terdiri dari dua unit pemandian dan menara di sisi barat laut. Masjid ini memiliki pondasi yang besar dan kokoh pula tentunya dengan ketinggian mencapai 2,3 m dari atas tanah. 

Denah dari masjid ini berbentuk segi delapan dan memiliki lima kubah. Lantai masjid pun dilapisi dengan granit dengan kombinasi warna kuning, hijau, coklat serta biru. Masjid Agung Al-Mashun ini pun dapat dilihat dari arsitekturnya serta detail dan dekorasi yang sangat indah. 

Bagi wisatawan yang datang ke tampat ini, mereka bisa berfoto dan beribadah di objek wisata yang satu ini. Bangunan Masjid Raya Al-Mashun merupakan karya arsitek Belanda T. H. van Erp yang memadukan gaya arsitektur Timur Tengah, India, dan Eropa. 

2. Kuil Shri Mariamman

Kuil Shri Mariamman. (Foto : VIVA)

Tempat wisata di Medan berikutnya yakni Kuil Shri Mariamman, lokasi tempat ini terletak di persimpangan Jalan Teuku Umar dan Jalan Zainul Arifin Medan. Menurut Biro Pariwisata Medan, kuil tersebut merupakan kuil Hindu tertua di Medan yang dibangun pada tahun 1884. 

Orang Hindu datang ke sana untuk berdoa. Dalam beberapa kesempatan, kuil ini juga digunakan untuk upacara keagamaan Hindu, seperti merayakan Deepavali dan merayakan panen padi. 

Kuil dengan dekorasi dan warna yang menarik dipercantik dengan banyak arca. Keberadaan berbagai bentuk arca di Kuil Mariamman semakin memperkuat dan menyempurnakan keindahannya. 

3. Danau Toba

Danau toba. (Foto : VIVA)

Danau Toba merupakan tempat wisata di Medan yang mempunyai ketinggian sekitar satu kilometer di atas permukaan laut dengan pemandangan deretan gunung berapi. Luas danau terbesar di Indonesia ini mencapai 1.145 kilometer persegi. 

Secara administratif, Danau Toba ini berada di tujuh kabupaten yang berada di Sumatera Utara. Untuk masuk ke danau ini, pengunjung tidak perlu membayar terlalu mahal, sebab harganya masih sangat terjangkau.

4. Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur. (Foto : Instagram @viharagunungtimurmedan)

Terletak di Jalan Hang Tuah 16 di Medan, Vihara di Gunung Timur ini menghadap ke Sungai Babra yang dipercaya membawa keberuntungan bagi vihara. Halaman tempat wisata di Medan sangat luas dan megah. Ada dua naga di puncak candi dan dua penjaga ikan naga di belakangnya. 

Di antara pajangan tersebut adalah mustika matahari yang ditopang oleh bangunan beratap dua lantai. Ada lima ikan berenang dan sepasang relief tepat di bawah bangunan. Banyak ornamen juga menghiasi bangunan tersebut. 

Di pintu masuk, kamu akan menemukan dua patung singa batu putih yang menjaga pintu masuk candi. Selain itu, Vihara Gunung Timur Medan memiliki gendang atau gendang yang dimainkan pada saat upacara. Keindahan candi Timurid kuno ini dapat menarik wisatawan. Unsur religi membuat destinasi wisata di Medan ini terasa tenang dan damai.

5. Gedung London Sumatra

Gedung London Sumatra. (Foto : VIVA)

Tempat wisata di Medan berikutnya yang bisa kamu kunjungi yakni Gedung London Sumatra, tempat yang satu ini dipakai sebagai kantor Perusahaan Perkebunan London Sumatra, Konsulat Inggris dan juga Perpustakaan British Council. 

Bangunan ini adalah peninggalan dari masa penjajahan Belanda dan masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Gedung London Sumatra ini didominasi dengan warna putih megah dan sangat cocok sebagai latar belakang untuk berfoto. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Jend. Ahmed Yani No. 2, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. 

6. Upside Down World

Upside Down World. (Foto : VIVA)

Tempat wisata di Medan yang satu ini sangat istimewa bagi yang suka berswafoto atau selfie. Di tempat ini terdapat berbagai spot foto unik berbentuk dunia terbalik. Setiap ruangan terlihat terbalik, mulai dari ruang makan, dapur, kamar mandi, dan yang lainnya semuanya terbalik. 

Jika kamu mencoba mengambil foto di tempat ini, foto akan terlihat terbalik. Sebenarnya ini bukan satu-satunya tempat di Indonesia, karena di Bandung dan Yogyakarta juga ada tempat wisata selfie dengan konsep berlawanan. Namun, jika kamu berkunjung ke Medan jangan lupa untuk mengunjungi dunia jungkir balik ini. 

7. Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion. (Foto : VIVA)
 

Meski sudah tua, bangunan Tjong A Fie ini tetap bersih dan rapi. Wisatawan dapat berjalan di sekitar rumah bersama pemandu yang membantu untuk menjelaskan lebih lanjut tentang tokoh Tjong A Fie. 

Bangunan tempat tinggal Tjong A Fie yang menjadi objek wisata di Medan ini dibangun pada akhir abad 19 hingga awal abad 20 dan masih kokoh hingga saat ini. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani, No. 105, Kesawan, Medan. 

Menurut informasi yang dirilis oleh Balai Arkeologi Medan dalam VIVA, gerbang Zonga Fei memiliki gaya arsitektur dengan ciri khas Cina, dan atapnya dihiasi dengan dua patung singa di kiri dan kanan gerbang. Tjong A Fie adalah seorang pengusaha Cina dari Meixian, Guangdong. 

Bersama kakak laki-laki mereka, Tjong Yong Hian, mereka berperan penting dalam memenuhi kebutuhan para pekerja di perkebunan besar di Medan. Tjong A Fie Mansion berusia sekitar 125 tahun dan meliputi area seluas 2.200 meter persegi. 

Bangunan ini pun terdiri dari dua lantai dan mempunyai 35 kamar. Keindahan dari tempat wisata ini bisa dilihat dari dekorasi lampion dan porselen serta tiang-tiang yang megah. Berkunjung ke tempat wisata yang satu ini serasa kembali ke masa lalu.

8. Air Terjun Sibolangit

Air Terjun Sibolangit. (Foto : VIVA)

Berikutnya ada Air Terjun Sibolangit, lokasinya berada di Desa Durin Sirugun, Sibolangit, Deli Serdang. Diperkirakan memakan waktu sekitar 2 jam dari pusat Kota Medan untuk bisa mengunjungi air terjun yang keren ini. 

Tempat wisata di Medan ini pun memiliki telaga yang memiliki air berwarna dua, yakni warna biru untuk air dingin dan putih untuk air hangat.

9. The Le Hu Garden

The Le Hu Garden. (Foto : Instagram @thelehugarden)

Di pinggiran kota Medan, Indonesia ini pengunjung dapat  berwisata ke The Le Hu Garden. Lokasi wisata alam ini berada di Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Deli Tua Barat. Saat berkunjung, hindari terburu-buru melalui jalanan dan luangkan waktu untuk refleksi yang tenang di bawah pohon yang ada di sana.

Di sekitar air mancur terdapat bunga teratai yang sangat indah dan bisa kamu abadikan untuk dibagikan di media sosial kamu. Selain itu, fitur air di sana memiliki tempat nyaman yang cocok untuk mengambil foto. 

Jika kamu ingin melihat ikan-ikan gemuk, maka para pengunjung dapat juga mendatangi sebuah kolam kecil yang dihiasi dengan bebatuan yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga kolam semakin tampak cantik.

10. Istana Maimun

Istana Maimun. (Foto : VIVA)

Tempat wisata di Medan berikutnya yang bisa kamu kunjungi yakni Istana Maimun, tempat ini juga dikenal dengan sebutan Istana Putri Hijau, merupakan peninggalan istana Kerajaan Deli. Bangunan keraton didominasi oleh warna kuning yang menandai Kerajaan Melayu. 

Keraton ini beres dibangun pada 25 Agustus 1888 pada masa pemerintahan Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah. Sejak tahun 1946 Istana Maimen ini telah ditempati oleh ahli waris dari Deli Kerjaan. Istana Maimun ini terletak tepat di Jalan Brigjen Katamso di Desa Sukaraga, Kecamatan Maimun, Medan. 

Itulah rekomendasi 10 tempat wisata di Medan yang bisa kamu kunjungi saat tengah berada di Medan atau akan ke sana.