Peringati Hari Lahir Pancasila, Warga Berebut Tumpeng di Makam Bung Karno

Hari Lahir Pancasila, Warga Berebut Tumpeng di Makam Bung Karno (Foto : antvklik-Imron Danu)

Antv – Ratusan warga yang menunggu jalannya peringatan Hari Lahir Pancasila sejak pagi, langsung menyerbu gunungan tumpeng di halaman Makam Presiden Soekarno (Bung Karno) di Kelurahan Bedogrit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.

Lima tumpeng berisi hasil bumi langsug jadu rebutan warga untuk mendapat berkah hari lahirnya Pancasila di makam pencetus Pancasila, Bung Karno.

“Dapat sayur dan buah nanti dimasak, biar mendapat berkah,” jelas Zaki, Kamis, (1/6/2023).

Serupa yang dikatakan Zaki tadi, Rini (40) salah satu warga setempat ingin mendapat berkah dari hasil bumi yang dilakukan setiap tahunya. Ia datang ke makam Bung Karno bersama anak dan keluarganya untuk ikut serta dalam even grebeg tumpeng.

“inikan setiap tahun ada, saya berharap mendapatkan berkah dari ritual ini,” imbuhnya.

Sebelum direbutkan warga , lima gunungan  tumpeng diarak dari alun-alun menuju Makam Bung Karno (MBK) untuk dilakukan ritual do’a oleh para sespuh dan pejabat setempat.

Kirab tumpeng tersebut merupakan satu dari beberapa rangkaian grebeg pancasila untuk memperingati hari Lahir Pancasila  Tanggal 1 Juni.

Sebelumnya pada Rabu malam (31/5/2023), Pemkot Blitar telah melakukan Pawai lampion yang di ikuti oleh ratusan pelajar.

Sebelemnya Forum Pimpinan Daerah dan Pemerintah Kota Blita juga menggelar Upacara memperingati hari Lahir Pancasila di Alun-alun kota Blitar.