Dramatis, Evakuasi Ibu dan Bayi di Tengah Banjir, Seorang Pemotor Tewas Terbawa Arus

Dramatis, Evakuasi Ibu dan Bayi di Tengah Banjir (Foto : antvklik-Lutfi Setia Rafsanjani)

Antv – Media sosial dihebohkan dengan video aksi dramatis penyelamatan oleh kepala desa dan warga, kepada seorang bayi dan ibunya akibat terdampak banjir di Desa Cibuluh, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (21/12/2022) malam.

Dalam video berdurasi kurang dari satu menit tersebut, tampak banjir menggenang setinggi leher orang dewasa hingga proses evakuasi bayi dilakukan dengan menggunakan baskom layaknya perahu. Ibu dan bayinya pun selamat ke area yang tidak terendam banjir.

Proses penyelamatan itu pun dibenarkan oleh BPBD Sumedang. Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumedang, Asep Ramdani mengatakan, evakuasi ibu dan bayi itu dilakukan lantaran warga panik akibat banjir terus meninggi.

"Betul banjir menerjang Desa Cibuluh, Desa ujungjaya, dan Desa Sakurjaya, luapan sungai cipelang. Alhamdulillah ibu dan bayi selamat setelah dievakuasi oleh kades dan warganya," kata Asep.

Sementara itu, lanjut Asep, pihaknya juga menerima laporan seorang warga yang hanyut terbawa arus sungai cipelang yang meluap.

Di lokasi kejadian yang tak jauh dari lokasi evakuasi ibu dan bayi, ditemukan sebuah motor di pesawahan tepat di sisi jembatan jalan.

"Korban yang terseret arus kita temukan 200 meter dari lokasi awal laporan. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," tuturnya.