Kebakaran di Ruang Pamer Motor Listrik India Menewaskan 8 Orang

Motor listrik yang diduga pemicu kebakaran di India. (Foto : Reuters)

Antv –Pihak kepolisian setempat menjelaskan pada Selasa (13/9/2022) kebakaran dimulai dari ruang pamer motor listrik di India menewaskan sedikitnya 8 orang dan melukai 11 lainnya. Kebakaran ini merupakan insiden paling mematikan yang melibatkan kendaraan listrik di negara tersebut.

Sejumlah kebakaran yang melibatkan motor listrik tahun ini telah membuat kekhawatiran pemerintah India. Pasalnya mereka tengah mempromosikan penggunaan kendaraan roda dua tersebut dalam mengurangi polusi.

Penyelidikan awal mengidentifikasi penyebab kebakaran mayoritas motor listrik karena kerusakan sel baterai dan modul baterai diantara penyebab utama pemicu kebakaran.

Laporan terakhir kebakaran yang dipicu kendaraan listrik terjadi pada Senin (12/9/2022) malam di sebuah ruang pameran sebuah hotel. Puluhan kendaraan motor listrik terbakar di hotel yang terletak di Secunderabad. Polisi tengah melakukan penyelidikan terhadap kasus ini.

Menurut pihak kepolisian setempat mayoritas korban tewas merupakan penghuni hotel yang menghirup asap kebakaran.

“Ada motor listrik yang sedang dipamerkan memunculkan api dan memicu kebakaran,”ungkap pejabat polisi Chandana Deepti.

“Kami masih menyelidiki apakah api mulai menyebar dari tempat pengisian baterai yang berlebihan dan kemudian api menyebar atau apakah api dimulai dari bagian lain. Ini masih dalam penyelidikan,” jelas mereka.