Erick Thohir Buktikan Bangun Insfrastruktur Bukan dengan Utang

Erick Thohir Buktikan Bangun Insfrastruktur Bukan dengan Utang (Foto : Menteri BUMN Erick Thohir-Dok. Kementerian BUMN)

Antv – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir sambut kerja sama investasi antara Indonesia Investment Authority (INA) dan PT Waskita Karya Tbk (WSKT). 

Bersama anak perusahaannya PT Waskita Toll Road (WTTR), mereka membangun dua Jalan Tol Trans Jawa, kerjasama dilakukan di Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Kerjasama antar perusahaan Indonesia itu membuktikan bahwa Indonesia bisa membangun jalan tol tanpa utang. Ada pun dua ruas tol yang dimaksud adalah Jalan Tol Kanci–Pejagan dan Tol Pejagan–Pemalang 

Pencairan dana dari INA, melalui anak perusahaan milik lembaga pengelola investasi Indonesia itu, yaitu PT Rafflesia InvestasiIndonesia (RII) dan PT Abhinaya Investasi Indonesia (AII). Pencairan dana membuat arus kas Waskita Karya semakin kuat untuk pengembangan proyek-proyek lanjutan.

"Dalam kondisi apapun, pembangunan infrastruktur harus terus berjalan. Dengan skema ini,kita membuktikan bahwa infrastruktur bisa dibangun dengan investasi, dan yang terpenting,tanpa utang," kata Erick lewat keterangan tertulisnya, Selasa (6/8/2022). 

"Jadi dari sisi posisi di neraca pun lebih baik, tidak menjadi beban perusahaanyang mendapat penugasan, seperti Waskita Karya group," ujar Erick Thohir.

Ia menambahkan, di tengah krisis global yang berpengaruh pada nilai tukar mata uang antarnegara, pembangunan infrastruktur idealnya memang menggunakan dana investasi. Selama ini banyak dianggap investasinya dari hutang.