Jacobabad Kota Terpanas di Dunia Terendam Banjir di Pakistan

Banjir di Jacobabad Pakistan. (Foto : Reuters)

Antv –Pada bulan Mei 2022 kepala sekolah untuk anak – anak perempuan di Jacobabad Pakistan Selatan menjumpai sejumlah siswinya pingsan akibat suhu panas yang tinggi di kota terpanas di dunia ini.

Namun saat ini akibat badai hujan muson telah menenggelamkan sebagian besar negara Pakistan salah satunya di Kota Jacobabad. Dijumpai salah satu sekolah kelasnya kebanjiran dan sekitar 200 siswanya kehilangan tempat tinggal. Mereka saat ini berjuang untuk mendapatkan makanan yang cukup dan merawat para kerabat yang terluka.

Badai cuaca ekstrem semacam ini dalam waktu singkat telah menyebabkan penderitaan di seluruh negeri. Akibat banjir telah menewaskan lebih dari seribu warga, memutus komunitas, menghancurkan rumah dan infrastruktur. Selain itu juga meningkatkan kekhawatiran akan Kesehatan dan ketahanan pangan.

Jacobabad juga terdampak banjir. Padahal pada bulan Mei 2022, suhu di wilayah ini mencapai 50 derajat celcius. Dasar sungai mengering dan sejumlah warga pingsan karena sengatan panas terik matahari. Saat ini situasi berbeda, sebagian kota terendam banjir, meskipun sebagian sudah mulai surut.

Menurut Wakil Komisaris Kota, 19 warga diketahui tewas akibat banjir dari kota yang berpenduduk 200 ribu jiwa ini. Termasuk korban tewas anak – anak.

Sedangkan rumah sakit setempat melaporkan warga sakit dan terluka akibat banjir banyak dirawat.

Tercatat lebih dari 40 ribu orang tinggal di pengungsian sementara. Sebagian besar mengungsi di sekolah dengan akses makanan yang terbatas.