youtube channel

Channels

Seekor Jerapah Jantan di Australia Dinobatkan Jadi Jerapah Tertinggi di Dunia

Seekor Jerapah Jantan di Australia Dinobatkan Jadi Jerapah Tertinggi di Dunia

Jerapah bernama Forest masuk dalam Guinness World Record sebagai jerapah tertinggi di dunia (Foto: Guinness World Record)

Seekor jerapah jantan yang jadi penghuni sebuah kebun binatang di Australia dinobatkan jadi jerapah tertinggi di dunia. Tingginya mencapai 5,7 meter.

Forest, demikian nama seekor jerapah jantan yang menghuni Kebun Binatang Australia, di Queensland, terlihat begitu kurus.

Ini yang membuat tim dari Guinness World Records bikin tiang pengukur yang dibuat khusus dan memasangnya di samping dispenser jerami di rumah jerapah untuk mencatat ketinggiannya.

Ternyata perlu beberapa bulan untuk mengukur tinggi badan Forest lewat foto-foto dan rekaman video.

Setelah berhasil diukur, tingginya mencapai 5,7 meter sehingga Forest dinobatkan menjadi jerapah tertinggi di dunia. Sementara jerapah umumnya rata-rata setinggi 4,5-5,4 meter

Petugas menunjukkan piagam rekor dunia (Foto: Guinness World Record)

"Forest kami telah secara resmi berhasil masuk ke Guinness World Records karena menjadi jerapah hidup tertinggi. Kami bangga dengan jerapah jantan kami yang menjulang tinggi. ia memiliki hati yang luar biasa," kata Bindi Irwin, seorang pelestari alam setempat.

"Jerapah melakukan hal yang sulit di alam liar dan kami sangat bangga bahwa kami dapat melakukan bagian kami dalam memastikan spesies ini ada untuk generasi yang akan datang," katanya lagi.

Forest lahir di Kebun Binatang Auckland, Selandia Baru pada 2007. Jerapah ini kemudian dipindahkan ke Kebun Binatang Australia saat berusia 2 tahun.

Dalam program pembiakan satwa kebun binatang, Forest telah menjadi ayah dari 12 anak jerapah.

Jerapah telah masuk dalam daftar rentan punah oleh International Union for Conservation of Nature. Lembaga tersebut yang mengklasifikasikan beberapa sub spesies jerapah dalam kategori terancam punah dan sangat terancam punah.

CNN


icon featured

Artikel Terkait

icon featured

Terpopuler

icon featured

Komentar