youtube channel

Channels

“Plant Based Diet” Pola Makan Sehat yang Ampuh Turunkan Berat Badan

“Plant Based Diet” Pola Makan Sehat yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Foto ilustrasi: Pinterest

Selain dapat menurunkan berat badan, plant based diet diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan sistem imun, mengurangi inflamasi dan menjaga kesehatan pencernaan.

antvklik.com - Pola makan nabati atau dikenal dengan istilah “plant based diet” kini makin diminati banyak orang. Pasalnya, pola makan ini diklaim mampu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh. Plant based diet disebut dapat menjaga kesehatan jantung, menyeimbangkan kadar gula darah dan kolesterol, serta meminimalisir risiko diabetes tipe 2.

Menerapkan plant based diet tidak harus menjadi vegetarian seutuhnya. Kita masih bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan hewani seperti telur, ikan dan daging unggas, namun dalam porsi minimal.

Untuk menerapkan pola makan ini, kita bisa mulai dengan memperbanyak konsumsi buah, sayuran, kacng-kacangan dan biji-bijian. Setelah itu, kita bisa mulai mengurangi konsumsi produk hewani atau bahkan sama sekali menghindarinya. Bagi yang ingin menjalani pola makan ini sebaiknya konsultasikan dulu dengan ahli gizi anda.

Melansir laman MD Anderson, berikut manfaat dari plant based diet:

Meningkatkan sistem imun

Makanan berbasis nabati mengandung banyak vitamin, mineral, fitokimia dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Sistem kekebalan tubuh yang sehat sangat penting untuk mengurangi risiko kanker karena membantu mengenali dan menyerang mutasi dalam sel sebelum berkembang jadi penyakit.

Mengurangi inflamasi

Produk nabati mengandung nutrisi penting yang membantu mangatasi peradangan di tubuh. Pasalnya, tumbuhan mengandung fitokimia dan antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas. Tentunya, hal ini membantu mengurangi peradangan yang berpotensi merusak sel-sel dan jaringan tubuh.

Menjaga kesehatan pencernaan

Makanan nabati kaya akan serat yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat juga membantu menurunkan kolesterol dan menstabilkan gula darah sehingga memperkuat fungsi usus.

Serat juga sangat penting untuk mengurangi risiko kanker, khususnya kanker kolektoral. Pola makan nabati juga terbukti mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan beberapa penyakit kesehatan mental.


icon featured

Artikel Terkait

icon featured

Terpopuler

icon featured

Komentar