youtube channel

Channels

Penelitian di Italia Ungkap Ibu Hamil Bisa Tularkan Virus Corona pada Janin

Penelitian di Italia Ungkap Ibu Hamil Bisa Tularkan Virus Corona pada Janin

Foto ilustrasi: Shutterstock

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan di Italia menemukan bukti bahwa virus corona dapat ditularkan dari ibu hamil pada janin.

antvklik.com - Sebuah penelitian kecil di Italia menemukan bukti penularan virus corona dari ibu hamil pada janin. Para peneliti, seperti dikutip Business Insider, Minggu (12/7/2020), memeriksa sampel dari berbagai spesimen, seperti dari air susu ibu (ASI), plasenta, swab vagina, cairan ketuban dan darah dari tali pusar.

Sampel tersebut diambil dari 31 wanita dari tiga rumah sakit di Italia selama wabah Covid-19, yakni dari Maret hingga April 2020, dan kesemua kehamilan dalam trimester ketiga. Ditemukan adanya tanda-tanda infeksi virus corona dan antibodi di seluruh sampel tersebut.

Setelah beberapa minggu, pejabat kesehatan setempat telah meyakinkan masyarakat bahwa penularan vertikal tidak mungkin, studi kecil itu menambah bukti yang menunjukkan hal sebaliknya.

“Studi kami menunjukkan, transmisi vertikal Covid-19 dalam rahim ibu ke janin memang mungkin terjadi,” kata penulis penelitian Dr. Claudio Fenizia, spesialis imunologi di University of Milan.

Pada awal pandemi, para ahli meyakini janin tidak bisa infeksi virus corona dari ibunya yang positif Covid-19 saat mengandung. Namun, ada suatu masa ketika perempuan diberi tahu bahwa penularan vertikal tidak mungkin, tetapi semakin banyak penelitian yang menyarankan sebaliknya.

Dalam tiga studi pada Maret lalu juga menyarankan wanita hamil dapat menginfeksi janin dalam kandungan. Penelitian tersebut, dilakukan dengan sampel ibu tunggal dan anak, enam bayi dan 33 bayi, namun tidak ada bayi yang meninggal karena infeksi corona.

Sonja Rasmussen, dokter anak dan profesor di University of Florida mengatakan kepada STAT, studi tersebut menyarankan bahwa virus corona dapat melintasi plasenta. Seperti kasus penyakit menular lainnya, HIV dan Zika, virus dari penyakit ini dapat ditularkan ke janin oleh ibu hamil.

Bayi-bayi yang baru lahir semua dilakukan tes virus corona, dan salah satu bayi menunjukkan bukti kuat adanya virus corona dalam darah yang berasal dari tali pusar dan plasenta,” ungkap Fenizia.

Hanya dua dari 31 bayi yang baru lahir yang dites positif Covid-19, ini menunjukkan bahwa infeksi Covid-19 pada janin relatif jarang. Bahkan, kedua bayi yang positif Covid-19 tersebut cepat pulih dari virus.


icon featured

Artikel Terkait

icon featured

Terpopuler

icon featured

Komentar