Manfaat Teh Rosemary dan Apa Saja Kandungannya?

Teh rosemary
Teh rosemary (Foto : Pexels/olenaboyovyk)

Antv – Rosemary (Rosmarinus officinalis) adalah ramuan yang harum dan serbaguna. Manfaat teh rosemary telah diterapkan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional maupun praktik kuliner.

 

Secara ilmiah, rosemary masuk dalam kategori Lamiaceae dan berasal dari wilayah Mediterania. Ramuan aromatik ini penuh dengan manfaat kesehatan seperti peningkatan daya ingat, mendukung pencernaan, tindakan anti-inflamasi, dan potensi sifat anti-kanker.

 

Rosemary mengandung beberapa senyawa bioaktif, termasuk asam rosmarinic, asam caffeic, dan minyak esensial seperti cineole.

 

Rosemary bermanfaat bagi kesehatan. Sifat antioksidannya itu dapat melindungi sel dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

Studi menunjukkan bahwa rosemary dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori, menjadikannya ramuan yang menjanjikan untuk kesehatan otak. Rosemary juga dikenal memiliki efek anti inflamasi.

 

Selanjutnya, manfaat rosemary telah dikaitkan dengan peningkatan pencernaan dan menghilangkan ketidaknyamanan pencernaan. Sifat antimikrobanya membantu melawan infeksi bakteri tertentu.

 

Selain itu, rosemary telah menunjukkan sifat anti kanker potensial dalam penelitian laboratorium, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan keefektifannya pada manusia.

 

Secara keseluruhan, menambahkan rosemary ke dalam makanan Anda atau mengonsumsi teh rosemary dapat memberikan beragam manfaat, meningkatkan kesehatan fisik dan mental. 

 

Sebelum kita menggali lebih dalam manfaat teh rosemary, mari kita pahami lebih dalam tentang nilai gizinya.