6 Tips Diet Tanpa Olahraga, Efektif Turunkan Berat Badan

Studi Terbaru: Kombinasi 3 Jenis Diet Ini Efektif Turunkan Berat Badan
Studi Terbaru: Kombinasi 3 Jenis Diet Ini Efektif Turunkan Berat Badan (Foto : )

Antv – Cara menurunkan berat badan yang efektif adalah dengan menjaga pola makan serta olahraga secara teratur. Namun, bagi sebagian orang tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga karena aktivitas yang padat.

Nah, ternyata ada cara diet tanpa olahraga yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan berat badan ataupun untuk mencapai tujuan sehatmu.

Berikut enam tips menjalani diet tanpa olahraga yang perlu kamu ketahui.

1. Kunyah Makanan Secara Perlahan

img_title
Diet Tanpa Olahraga. (Foto: Freepik)

Mengunyah makanan secara perlahan dapat membantu menurukan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan orang yang makan dengan cepat, berpotensi lebih besar untuk menambah berat badan dibandingkan dengan orang yang makan secara perlahan.

Cara ini dinilai sebagai cara yang paling mudah untuk meningkatkan rasa kenyang sehingga makan pun menjadi sedikit. Nikmati setiap gigitan makanan, kunyah perlahan dan berhentilah makan seblum kenyang.

2. Tambahkan Asupan Protein di Setiap Porsi Makan

img_title
Makanan Berprotein tinggi. (Foto: Freepik)

Mengkonsusmi banyak protein dinilai dapat menurunkan berat badan dan mencegah penambahan berat badan, bahkan tanpa olahraga. Protein dapat membantu mengontrol nafsu makan karena bisa membuat efek kenyang lebih lama.

Penuhi asupan protein dengan mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti tahu, telur, dada ayam, ikan, produk susu, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.

3. Konsumsi Lebih Banyak Asupan Serat

img_title
Diet Tanpa Olahraga. (Foto:Pinterest)

Sama halnya dengan Protein, serat juga menjadi nutrisi yang penting untuk menurunkan berat badan. Serat dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu penyerapan nutrisi, dan memperlambat pengosongan perut.

Sehingga untuk membantu menurunkan berat badan, kamu bisa memenuhi asupan serat dari berbagai pilihan makanan yang mudah ditemukan, seperti kacang-kacangan, sereal gandum, buah-buahan, dan sayuran.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan dengan Minum Air Putih

img_title
Ilustrasi air putih. (Foto: Freepik/ rawpixel.com)

Cara diet tanpa olahraga juga dapat dilakukan dengan membiasakan meminum air putih. Terutama minumlah air putih putih sebelum makan, karena dapat memberikan efek kenyang lebih cepat.

Kamu tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman manis saat makan dan minumlah air mineral agar kalori yang masuk tidak berlebihan.

5. Konsumsi Makanan dalam Porsi Kecil

img_title
Diat Tanpa Olahraga. (Foto: Freepik)

Mengkonsusmi makanan dengan jumlah besar dapat beresiko menalami peningkatan berat badan serta obesitas. Konsumsilah makanan dengan porsi lebih sedikit. Makan lebih sedikit kalori dan berat badan pun bisa berkurang. 

Selain itu, hindari kebiasaan makan sambil menonton TV, sebab bisa memicu makan secara berlebihan.

6. Tidur Cukup

img_title
Ilustrasi tidur. (Foto: Freepik)

Mencukupi waktu tidur malam, yaitu sekitar 7–9 jam untuk orang dewasa dapat membantu menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Kekurangan waktu tidur serta stres dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon pengatur nafsu makan sehingga bisa mendorong untuk makan lebih banyak.