Sering Diburu Jelang Ramadan, Ini 7 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi kurma
Ilustrasi kurma (Foto : Freepik/ freepik)

Antv – Mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa di bulan Ramadan menjadi salah satu sunah Rasul yang sudah banyak diikuti oleh umat Muslim.

Namun, rupanya buah kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho ANTVlovers.

Nah, penasaran apa saja manfaat kurma bagi tubuh? Yuk simak ulasan di bawah ini yang telah dihimpun dari berbagai sumber pada Rabu, 15 Maret 2023.

7 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

1. Sebagai sumber energi

Kurma diketahui memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh sebab itu, kurma dapat dijadikan sebagai cemilan yang sangat baik ketika kamu memerlukan tambahan energi dengan cepat.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma rupanya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Caranya, rendam kurma semalam, lalu tumbuk pada pagi harinya dan kemudian dikonsumsi. Dengan demikian, kurma akan menunjukka dampak positif pada jantung yang lemah.

Kurma disarankan untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Dengan mengonsumsi kurma secara rutin, maka kesehatan jantung akan lebih terjaga.

3. Mengatasi Anemia

Manfaat kurma selanjutnya adalah untuk mengatasi anemia. Sebab, kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi. Dengan demikian, kurma bermanfaat untuk berbagai macam kondisi kesehatan.

Kandungan zat besi yang tinggi pada kurma menjadikannya suplemen diet bagi penderita anemia. Kurma dapat membantu menyeimbangkan kekurangan zat besi pada penderita anemia, meningkatkan energi, dan mengurangi rasa letih.

4. Membantu Menghindari Dehidrasi 

Kurma mengandung banyak air dan elektrolit alami, seperti kalium, magnesium, dan natrium, sehingga dapat membantu menghindari dehidrasi selama puasa. 

5. Menjaga Keseimbangan Gula Darah 

Kurma mengandung serat yang membantu menjaga keseimbangan gula darah dan mencegah kenaikannya yang tiba-tiba. 

6. Menjaga Kesehatan Perut dan Memperlancar BAB

Kurma rupanya juga mampu mengatasi konstipasi dan memperlancar BAB. Sebab, kurma memiliki kandungan serat yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan perut dan memperlancar buang air besar.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Vitamin yang terdapat pada kurma menjadikannya mampu meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem syaraf. Tak hanya itu, pottasium yang ada pada kurma juga berguna untuk menjadikan sistem syaraf yang sehat dan responsif.

Oleh sebab itu, kurma merupakan sumber makanan yang baik bagi orang-orang tua dengan sistem syaraf yang mulai menurun dan bagi orang-orang yang ingin menjaga ketajaman pikiran mereka.