Diperingati Tiap 11 Maret, Ini Lima Tokoh di Balik Peristiwa Supersemar

Diperingati Tiap 11 Maret, Ini 5 Tokoh di Balik Peristiwa Supersemar
Diperingati Tiap 11 Maret, Ini 5 Tokoh di Balik Peristiwa Supersemar (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Hari Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret) diperingati setiap 11 Maret setiap tahunnya. Supersemar adalah surat perintah penyerahan kekuasaan dari Presiden Soekarno kepada Presiden Soeharto yang ditandatangani pada 11 Maret 1966. 

Supersemar sekaligus sebagai peralihan dari pemerintahan Orde Lama yang dipimpin Presiden Soekarno kepada pemerintahan Orde Baru oleh Presiden Soeharto. Supersemar diketahui ada dalam 3 versi.

Namun tidak satupun dari ketiga versi tersebut asli, yakni pertama versi Pusat Penerangan (Puspen) TNI AD. Lalu kedua versi Sekretariat Negara (Setneg) dan ketiga versi Akademi Kebangsaan.

Penyerahan kekuasaan ini, dilatarbelakangi oleh peristiwa pemberontakan G30S/PKI pada dini hari tanggal 1 Oktober 1965. Tentara menuding Partai Komunis Indonesia (PKI) sebagai dalang dibalik peristiwa yang mengakibatkan terbunuhnya tujuh jenderal di Lubang Buaya.

Berikut tokoh-tokoh Supersemar yang berhasil dirangkum: 

1. Presiden Soekarno

Dalam supersemar terdapat Presiden Soekarno yang berperan sangat penting. Surat ini ditandatangani oleh beliau dengan isi mandat untuk pengambilalihan kekuasaan oleh Soeharto.