Sering Viral di Media Sosial Jelang Ramadhan, Inilah Makna dan Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Inilah Makna dan Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban
Inilah Makna dan Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban (Foto : Ilustrasi)

AntvJelang Ramadhan, biasanya banyak beredar pesan berantai di media perpesanan WhatsApp maupun media sosial lainnya terkait keutamaan malam Nisfu Sya'ban.

Dalam penanggalan Islam, bulan Sya'ban menempati urutan ke delapan dan dalam catatan sejarah, banyak peristiwa besar terjadi pada bulan Sya'ban. Seperti dikutip dari Republika.co.id, salah satu peristiwa besar dan menjadi tonggak sejarah adalah perpindahan arah kiblat dari Masjid al-Aqsha ke arah Ka'bah, Terkait pertisiwa ini, Allah SWT menerangkannya di QS al-Baqarah: 144 yang kurang lebih artinya:

"Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Kitab (Taurat dan Injil) tahu, bahwa (pemindahan kiblat) itu adalah kebenaran dari Tuhan mereka. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan."

Peristiwa lainnya adalah turunnya ayat Alquran yang menganjurkan untuk membaca shalawat, seperti yang termaktub di dalam QS al-Ahzab: 56. Artinya:

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

Dalam bulan Sya'ban juga Rasulullah SAW pernah menerangkan, diangkatnya catatan amal manusia juga terjadi tiap bulan Sya'ban. Hal itu disampaikan dalam hadits riwayat Abu Dawud dan Nasa'i. Suatu kali, Usamah bertanya kepada Nabi SAW:

"Wahai Rasulullah, kelihatannya tak satu bulan pun yang lebih banyak engkau puasakan daripada bulan Sya'ban?"