6 Tips Cegah Makan Berlebihan Saat Buka Puasa Agar Tak Naik Berat Badan di Hari Raya

Ilustrasi buka puasa
Ilustrasi buka puasa (Foto : Freepik/ freepik)

Antv – Momen puasa kerap digunakan sebagai ajang untuk menurunkan berat badan agar kembali ideal. Akan tetapi, tak jarang pula seseorang justru mengalami kenaikan berat badan yang signifikan di Hari Raya.

Bukan tanpa alasan, hal ini dapat dipicu salah satunya dari pola makan di bulan Ramadan yang tak terkontrol dengan baik, terlebih saat buka puasa.

Seringkali, seseorang memanjakan diri dengan berbagai hidangan setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Hidangan yang disantap pun tak jarang mengandung kalori yang sangat tinggi.

Jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus, maka tak ayal bila seseorang akan mengalami sakit perut yang parah, menyiksa dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Dalam kasus terburuk, kondisi kesehatan bisa terganggu.

Oleh sebab itu, untuk mempersiapkan diri agar tidak mengalami kenaikan berat badan atau kondisi kesehatan yang menurun setelah menjalankan ibadah puasa, kami telah merangkum cara mencegah makan berlebihan saat buka puasa dilansir dari Bodyfast pada Selasa, 7 Maret 2023.

1. Buat perencanaan makan yang baik